Kenali Lima Ciri Lidah Buaya yang Baik untuk Dikonsumsi

Agregasi Pikiran Rakyat, Jurnalis · Rabu 20 Juli 2016 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 20 298 1442440 kenali-lima-ciri-lidah-buaya-yang-baik-untuk-dikonsumsi-5PTCZFVK76.jpg foto: ilustrasi

SOREANG - Lidah buaya tumbuh di berbagai tempat entah itu di lahan budi daya, pinggir kolam atau bahkan halaman rumah anda. Tanaman berbentuk batang dan berduri ini meski diketahui banyak memiliki khasiat, ternyata khasiat tersebut bisa pudar bila tidak memperhatikan beberapa ciri khusus.

Ade Anwar (37), saat ditemui di lahan pertanian lidah buaya Kampung Sayuran Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kab.Bandung menjelaskan bahwa ciri-ciri Lidah Buaya yang khasiatnya masih utuh, dapat dilihat dari bentuk fisiknya antara lain:

Panjang lebih dari 50 CM

Lidah buaya dengan bibit unggul dapat tumbuh hingga 1 meter, hal ini menunjukan perkembangan lidah buaya tidak terhambat. Tentu khasiatnya juga akan tetap terjaga. “Kalau perawatan dan bibitnya bagus bisa tumbuh sampai 1 meter khasiatnya juga lebih kuat,” ungkap Ade.

Berat 8 ons perbatang

Ade menjelaskan terkadang ada bentuk lidah buaya yang memiliki tinggi d iatas rata-rata namun ternyata beratnya terbilang ringan, hal ini dapat mengurangi jumlah mineral yang terkandung di dalamnya hal itu terjadi akibat kurangnya asupan cairan yang menjadi kebutuhan utama semua tanaman termasuk lidah buaya itu sendiri. “Kalau kandungan mineralnya kuarang khasiatnya juga akan berkurang apalagi bila digunakan untuk bahan konsumsi,” ujarnya.

Warna hijau tua

Seringkali ditemukan lidah buaya dengan warna hijau muda atau bahkan agak kuning, kedua warna tersebut jelas Ade rupaya tidak begitu baik, entah itu untuk konsumsi atau untuk kebutuhan lainnya. Lidah buaya dengan warna hijau muda itu masih belum cukup umur untuk diambil manfaatnya. Sedangkan lidah buaya yang berwarna kuning itu pertanda sudah terlalu tua untuk dipetik. “Yang bagus itu warnanyha hijau tua, kalau yang muda itu belum cukup yang kuning terlalu matang,” tambah Ade.

Aroma tidak terlalu menyengat

Untuk kebutuhan konsumsi lidah buaya yang beraroma tidak terlalu menyengat dianggap lebih ramah di lidah ketimbang yang beraroma pekat, biasanya yang beraroma pekat itu yang ditanam di halaman rumah. “Yang enak itu yang aromanya tidak menyengat soalnya kalau kita makan lidah buaya yang aromanya menyengat, mungkin beranggapan lidah buaya itu beracun padahal tidak,” tambahnya.

Rasa tidak terlalu pahit

Masih untuk kebutuhan makanan, rasa Lidah Buaya pada dasarnya memang pahit namun berbeda beda tingkatan. “Semua (lidah buaya) rasanya memang pahit tapi ada yang masih bisa diterima lidah ada yang sangat pahit jadi tidak enak bila dimakan”, tutur Ade.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini