Pengobatan Rumah untuk Sakit Tenggorokan

Menggi Febrianti, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2016 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 21 481 1443498 pengobatan-rumah-untuk-sakit-tenggorokan-vLulwbMjM8.jpg Sakit tenggorokan atasi dengan kumur air garam (Foto: Doctorshealthpress)

SAKIT tenggorokan atau disebut pharyngtis, terjadi karena infeksi bakteri atau virus seperti pilek atau flu. Pada banyak kasus, masalah dalam tenggorokan adalah tanda awal Anda akan sakit. Penyakit yang paling setia menemani masalah tenggorokan adalah panas dalam dan batuk.

Sakit tenggorokan sangatlah umum, karena sering dialami oleh anak-anak atau orang dewasa. Flu, radang pada amandel, faringitis, laringitis, sinusitis, adalah beberapa penyebab umum sakit pada tenggorokan.

Biasanya penderita sakit pada tenggorokan, akan mengeluarkan banyak lendir. Hal tersebut terjadi karena ada beberapa faktor lingkungan seperti merokok, menghirup asap rokok (Perokok pasif), mengkonsumsi sejumlah besar alkohol, menghirup udara tercemar. Hal itu mungkin juga berkontribusi terhadap akumulasi lendir yang tebal atau berlebihan, serta dahak di tenggorokan.

Adapun beberapa gejala penyakit di tenggorokan yang parah, seperti batuk kering, peradangan, perasaan pembengkakan, gatal di tenggorokan, kesulitan menelan Hal itu menyebabkan meningkatkan produksi lendir, adanya sensasi terbakar di tenggorokan, batuk berlendir yang warnanya meenjadi hijau atau kuning, lalu sakit dibagian telinga.

Dilansir dari Boldsky, Kamis (21/7/2016), ada 4 cara pengobatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah, untuk menyembuhkan sakit pada tenggorokan, yaitu:

1. Kumur dengan air garam

Salah satu metode yang paling mudah untuk mengobati sakit pada tenggorokan dan berdahak adalah dengan cara berkumur dengan air garam hangat. Ketika tenggorokan Anda sakit dan perlu dibersihkan, air hangat membantu untuk mengatasinya. Karena garam memiliki kemampuan untuk menghancurkan bakteri yang menyebabkan infeksi, sehingga mengurangi produksi dahak.

Campur seperempat sendok garam dalam segelas air hangat dan obat kumur. Hal ini dilakukan beberapa kali dalam sehari, karena bermanfaat untuk mendapatkan hasil terbaik. Hal tersebut bisa dilakukan bergantian, dengan cara menambahkan satu sendok makan kunyit dan garam ke segelas air panas. Untuk cara penggunaannya dengan cara dikumur beberapa kali dalam sehari.

2. Uap air panas

Cara lain yang paling sederhana, mudah dan efektif untuk menyingkirkan dahak adalah inhalasi uap. Ketika Anda menghirup uap ke dalam hidung, dahak yang datang bentuk cair. Sehingga menjadi lebih mudah untuk dihilangkan dari tubuh Anda. Anda bisa melakukan mandi uap atau menghirup uap air dari panas.

Caranya, hanya tuangkan air panas mendidih dalam mangkuk besar. Memegang handuk di atas kepala Anda untuk menghindari uap yang terbuang. Hirup uap selama 5-10 menit, untuk melonggarkan sekresi di paru-paru Anda. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari untuk menyingkirkan sakit di tenggorokan.

3. Mengonsumsi madu dan lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang berkhasiat sebagai antibakteri. Campur 2 sendok teh jus lemon dan 1 sendok makan madu ke dalam segelas air panas, lalu di minum. Lakukan hal tersebut setidaknya tiga kali dalam sehari. Hal tersebut, membantu untuk menenangkan tenggorokan Anda dan mengurangi produksi dahak.

4. Minum air hangat

Sering minum air hangat, dapat menenangkan tenggorokan dan melancarkan dahak. Sup ayam hangat, juga dapat membantu mengobati dahak. Minum sup ayam panas, akan membantu melembabkan saluran di tenggorokan dan mengurangi produksi dahak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini