nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap, Ikan Hiu di Indonesia Tak Tergolong Ganas

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2016 15:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 07 22 406 1444330 terungkap-ikan-hiu-di-indonesia-tak-tergolong-ganas-92e6yi1CVZ.jpg Ikan Hiu (Foto: Dailymail)

BANYAK orang enggan menyelam dengan alasan takut ikan hiu. Padahal, hiu-hiu di perairan Indonesia tidak agresif.

Menurut penyelam perempuan Davina Veronica dan travel blogger Marischka Prudence, ketakutan tersebut sebetulnya tidak perlu terjadi. Pasalnya, hiu tidak memiliki insting untuk berburu manusia.

“Pada normalnya dia (hiu) tidak akan berburu dan memakan manusia,” ujar Davina Veronica saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Yang paling banyak ditakutkan perempuan dalam menyelam adalah saat dirinya berada dalam masa menstruasi.

Karena banyak informasi yang beredar bahwa indera penciuman hiu sangat tajam, terutama untuk mencium darah manusia dari jarak jauh.

Padalah, informasi tersebut tidak benar. Pertama, darah menstruasi tidak akan keluar selama menyelam karena tekanan air. Kedua, hiu tidak akan memburu manusia apalagi hanya karena bau darah.

“Secara bau, dia tidak ngefek. Jadi jangan takut kalau luka atau apa. Apalagi hiu-hiu di perairan Indonesia ‘ramah’. Karena iklim kita kan tropis,” tukas Marischka Prudence.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini