Begini Tanda Menstruasi Anda Sehat

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 25 Juli 2016 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 22 481 1444714 begini-tanda-menstruasi-anda-sehat-xOZlcBWEZn.jpg Wanita mengalami menstruasi (Foto: Popsugar)

SETIAP wanita memiliki kondisi menstruasi yang berbeda-beda. Ada yang kerap mengeluh tidak normal dan ada pula kondisinya yang sehat. Seperti apa tanda-tandanya?

Pada periode pertama, seorang gadis pertama kali mengalami menstruasi di antara usia 12 tahun hingga 13 tahun. Namun, anak gadis di era sekarang sudah mengalami menstruasi sejak usia delapan tahun.

Dilansir Boldsky, Senin (25/7/2016), seorang wanita biasanya mengalami menstruasi selama dua hari hingga tujuh hari. Jika lebih dari itu, Anda harus konsultasi ke dokter agar tidak terjadi apa-apa.

Sementara itu, pada hari pertama menstruasi debit darah berwarna merah. Lama-lama, rahim Anda mengeluarkan debit lendir seperti keputihan.

Pada wanita yang aktif berhubungan seks dan sudah melahirkan, debit darah Anda bisa keluar lebih banyak dibandingkan wanita perawan. Menurut ahli, hal ini sangatlah normal.

Penting untuk diingat, menstruasi yang sehat juga membuat Anda tidak pernah mengalami nyeri haid atau kram ringan. Sebaliknya, jika Anda mengalami masalah nyeri, artinya menstruasi tidak sehat.

Apalagi kalau merasakan nyeri haid disertai mual dan muntah, waspada endometriosis. Penyakit ini sangat membahayakan Anda karena menyebabkan rahim tidak subur. Hati-hati ya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini