Gejala Ini Perlu Ditindak Operasi Katarak

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Sabtu 23 Juli 2016 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 23 481 1445183 gejala-ini-perlu-ditindak-operasi-katarak-GFeAKuoO0E.jpg Periksa kesehatan mata berkala kurangi risiko katarak (Foto: Clsa)

PENYAKIT katarak umumnya muncul pada usia 50 tahun ke atas. Biasanya, katarak ditandai dengan buramnya penglihatan pasien. Hal ini dijelaskan oleh dr Nashrul Ikhsan, Sp.M, dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Jakarta Eye Center.

"Tanda-tandanya mulai buram, silau melihat lampu, malam terlihat lebih terang dibandingkan siang hari. Ini dikarenakan perubahan pupilnya yang berbeda. Itu tanda-tanda umumnya," ujar dr Nashrul pada acara kick Off 910 Operasi Katarak di Rumah Sakit Mata JEC, Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu (23/7/2016).

Ia menyarankan, apabila orang tua telah mengeluhkan rasa tak nyaman saat menyetir mobil atau membaca, langkah yang tepat dengan berkonsultasi ke dokter spesialis mata.

"Tidak ada patokan untuk segera operasi. Semuanya (operasi) ditindak pada pasien yang telah mengeluh penglihatannya tidak nyaman," tambah dr Nashrul.

Operasi ini dapat dilakukan, jika pasien katarak sudah mengeluhkan kondisi mata yang mulai mengganggu. Operasi katarak ini lebih baik dilakukan sedini mungkin pada mata yang terindikasi katarak, sebelum penyakit ini semakin mengganggu indra penglihatan.

"Lebih baik jangan menunggu sampai keruh total atau sampai buram sekali. Operasinya akan lebih susah," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini