EKSKLUSIF: Ternyata Ini Rahasia Tetap Bugar Kepala BKKBN

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2016 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 26 481 1447351 eksklusif-ternyata-ini-rahasia-tetap-bugar-kepala-bkkbn-GpP9Y2lkx8.jpg Kepala BKKBN, Chandra Surapaty (Foto: Sabki/Okezone)

PADA usia yang semakin lanjut akan ada banyak keluhan dari perubahan-perubahan fisik yang tak lagi stamina. Ini sebenarnya akan dialami oleh semua orang, namun satu yang paling penting adalah mengubah atau mempunyai kebiasaan hidup sehat.

Pola hidup sehat yang harus dilaksanakan saat lanjut usia di antaranya meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan dan teratur bergerak.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty yang tahun ini menginjak usia 65 juga dengan teratur menerapkan pola hidup sehat agar tetap bugar di usia lanjut.

“Kebugaran itu penting, kalau saya menjaga kebugaran dengan banyak minum air putih, makan-makanan bergizi lengkap dan seimbang, selalu bergerak dan tidur yang cukup,” ungkap Surya kepada Okezone belum lama ini.

Menjelaskan lebih lanjut, Surya megatakan, untuk air putih ia tak sembarangan memilih. Air putih yang ia konsumsi adalah air dengan kandungan alkali yang lebih tinggi. “Air yang saya minum itu molekulnya lebih kecil dari pada pori-pori sel yang ada dalam tubuh. Jadi airnya terserap dengan baik ke sel tubuh bukan ke sela-sela sel. Air yang saya minum juga dapat mencuci ginjal dengan baik, jadi buang air kecil lancar juga menetralkan keasaman dalam tubuh. Kalau lansia kan zat tubuhnya semakin asam,” jelas Surya.

Untuk makanan yang dikonsumsi, pria berpostur tubuh tinggi dan tegap ini selalu menjaga kandungan makanan yang bergizi lengkap dan seimbang, “Saya enggak makan daging kaki empat, hanya memakan ikan salmon, ayam juga jarang sekali dan tak pernah ayam negeri. Ayam negeri isinya hanya hormon, ayam kampung lebih baik kandungan gizinya. Jangan lupa sayur-sayuran dan buah-buahan, Alhamdulillah tidak ada pantangan.”

Lalu, seimbangkan pula dengan olahraga, karena ketika berolahraga sumbatan-sumbatan dalam tubuh akan lancar atau peredaran darah akan lancar. “Tak usah olahraga yang berat, cukup memutarkan tangan pelan-pelan sambil jalan santai sampai berkeringat. Sembari bergerak lepaskan rasa stres, mau susah mau senang semua itu pasti berlalu,” papar Surya.

Terakhir, jaga kualitas tidur. “Tidur itu yang penting dalam, enggak perlu banyak-banyak juga kalau sudah dalam tidurnya, tiga puluh menit juga sudah berkualitas,” tutup Surya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini