Share

EKSKLUSIF: Haruskah Perempuan Bekerja? Ini Kata Kepala BKKBN

Afiza Nurmuseriah, Okezone · Rabu 27 Juli 2016 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 27 196 1448231 eksklusif-haruskah-perempuan-bekerja-ini-kata-kepala-bkkbn-wZeH9gjzmp.jpg Kepala BKKBN, Chandra Surapaty (Foto: Sabki/Okezone)

DIKATAKAN, bahwa di era emansipasi wanita kini, semua wanita bebas untuk memilih jalan hidupnya sendiri. Belajar, mengenyam pendidikan sampai bekerja sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, haruskah wanita berkarier? Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty memiliki jawaban tersendiri.

“Kalau dengan keadaan sekarang ini, terutama di Indonesia, saya lebih memilih wanita lebih baik di rumah dan fokus merawat anak saja. Begitu anak tumbuh besar, baru ibu bisa mulai meniti karier,” ungkapnya kepada Okezone belum lama ini.

Memang di sisi lain ekonomi Indonesia sedang carut-marut, namun menurutnya alangkah baiknya merawat anak dengan baik agar mereka tumbuh menjadi generasi bangsa yang berkualitas.

“Mengurus rumah tangga sekaligus merawat anak itu lebih berat loh. Kalau ekonomi kita sudah makmur ya lebih baik mengurus rumah tangga saja, membesarkan dan merawat anak itu lebih mulia,” tegasnya.

Lalu, pria yang sebelumnya bertugas di Komisi IX DPR RI ini mengatakan lebih lanjut bahwa wanita atau seorang ibu yang berusaha untuk meniti karier akan terikat dengan ruang dan waktu. Rasanya sayang bila waktu yang ada tak dipakai dengan maksimal untuk memelihara anak.

“Bekerja akan mengikat diri kita dengan ruang dan waktu. Anak di rumah, Anda di tempat kerja, tak bisa melihat perkembangan anak dan memastikan apakah mereka mendapatkan asupan gizi yang baik. Selain itu, waktu juga semakin berkurang, karena fokus terbelah antara anak dan bekerja. Jika ingin mempunyai tambahan atau ingin membantu suami kan bisa menjadi pengusaha, online shop kayak gitu kan bisa dikerjakan di rumah sambil merawat anak,” pungkas Surya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini