Share

EKSKLUSIF: Intip Gaya Kepala BKKBN Bikin Rumah Tangga Tetap Harmonis

Afiza Nurmuseriah, Okezone · Rabu 27 Juli 2016 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 27 196 1448243 eksklusif-intip-gaya-kepala-bkkbn-bikin-rumah-tangga-tetap-harmonis-uwI3R6bcIO.jpg Kepala BKKBN, Chandra Surapaty (Foto: Sabki/Okezone)

SIAPA tak ingin memiliki bahtera rumah tangga yang harmonis, long lasting dan rasa cinta tetap utuh hingga akhir hayat? Meski banyak badai yang menerpa, idealnya setiap pasangan suami istri harus memiliki prinsip dalam hubungan mereka yang selalu dijunjung tinggi untuk mempertahankan keutuhan pernikahan.

Surya Chandra Surapaty yang merupakan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) juga memiliki prinsip yang menjaga pernikahannya dengan istri, berjalan hingga 35 tahun ini. Lantas, apa rahasianya?

Jawabannya hanya satu, komunikasi. Ya, menurutnya kunci dari pernikahan harmonis yang ia dan istri jalani adalah bersama-sama menjaga komunikasi.

“Godaan ada di mana-mana, yang paling berat saat ini adalah mengontrol diri untuk tak terlalu sering memegang handphone. Jangan salah lho itu bisa menjadi penyebab pertengkaran rumah tangga. Masing-masing jangan sibuk pegang handphone, sesekali sih enggak apa-apa, kalau masalah kerjaan. Tapi jangan sampai urusan rumah tangga ketinggalan. Anak terbengkalai, enggak masak dan lain sebagainya,” ungkap Surya kepada Okezone belum lama ini.

Selain itu, menurutnya fungsi agama harus dijalankan. Antara suami dan istri harus tahu apa yang menjadi hak dan kewajiban masing-masing, “Makanya cari istri yang agamanya kuat, kan menikah karena ibadah.”

Surya juga mengaku sering menjalani hubungan long distance relationship dengan istri. Bahkan diawal pernikahan, ketika sang istri mengandung anak pertama di usia tujuh bulan Surya harus pergi ke Amerika demi studinya di bidang master ilmu kesehatan masyarakat. Kala itu, yang terpenting adalah komunikasi dan inisiatif.

“Saya saat di Amerika sering berkirim telegram pada istri untuk mengetahui kabarnya, begitu dia melahirkan bahkan istri yang berinisiatif untuk menghubungi saya terlebih dahulu. Susah lho dulu telepon ke luar negeri dan mahal pula. Kuncinya kembali lagi, memang jaga komunikasi dan inisiatif, karena ini juga merupakan bentuk kepedulian kepada pasangan. Sampai sekarang pun saya masih menjalani hubungan jarak jauh ini, istri saya dosen di Palembang dua minggu di Jakarta, dua minggu di sana,” tutupnya seraya tertawa kecil.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini