4 Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga

Menggi Febrianti, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2016 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 27 481 1447809 4-manfaat-pemanasan-sebelum-berolahraga-rDa4Sx0NiJ.jpeg Ilustrasi (Foto: Active)

OLAHRAGA sangat penting bagi kesehatan kita. Pemanasan atau warming up adalah cara untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan olahraga dan mengurangi potensi cidera, serta mengurangi rasa sakit setelah berolahraga.

Pemanasan sebelum olahraga normalnya dilakukan dalam waktu singkat. Karena dalam olahraga, memang dibutuhkan agar nantinya dapat meminimalkan resiko terjadinya cidera dan yang lainnya. Manfaat olahraga sendiri merupakan salah satu kegiatan yang memang mampu menunjang kesehatan.

Mengapa pemanasan penting sebelum berolahraga? Dilansir dari Boldsky, Rabu (27/7/2016), pemanasan adalah cara terbaik untuk meningkatkan efisiensi otot, mengurangi ketegangan, meningkatkan waktu reaksi, dan meningkatkan keterampilan koordinasi.

Pemanasan juga mengurangi efek dari nyeri pasca berolahraga. Berikut 4 manfaat pentingnya pemanasan sebelum berolahraga: 

1. Meningkatkan jumlah oksigen

Setelah suhu dan aliran darah meningkat setelah pemanasan, jumlah oksigen yang diterima oleh sel juga akan meningkat. Hal ini akan mencegah pembentukan dan akumulasi dari produk-produk limbah yang tidak diinginkan dan menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada otot.

2. Meningkatkan gerakan pada sendi

Olahraga adalah kegiatan yang menyehatkan. Pemanasan sebelum olahraga merupakan hal penting yang harus diingat. Ini akan meningkatkan gerakan sendi dan mengurangi kemungkinan cedera otot, tendon dan ligamen.

3. Mengurangi stres pada jantung

Melakukan olahraga berat secara langsung tanpa adanya pemanasaan, akan menimbulkan stres pada hati Anda. Melanjutkan olahraga setelah pemanasan, akan menjadi cara terbaik untuk menangani masalah ini. Hal ini merupakan manfaat lain pentingnya pemanasan sebelum berolahraga.

4. Persiapan mental dalam tubuh

Persiapan mental juga merupakan faktor penting yang akan membuat olahraga Anda lebih efektif. Hal ini akan meningkatkan teknik, keterampilan, dan koordinasi dalam tubuh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini