nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Telinga Terlalu Sering Gatal

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2016 11:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 07 27 481 1447824 penyebab-telinga-terlalu-sering-gatal-CR1b8KwME7.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

PERNAH merasa telinga Anda sangat gatal sekali? Apabila hal ini sering terjadi, pasti tangan akan refleks ingin menjangkau area yang gatal. Dr Amitabh Malik, spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan) dari Paras Hospitals di Gurgaon, India, memiliki penjelasan mengenai hal ini.

Gatal pada telinga biasanya disebabkan oleh ketombe yang dihasilkan oleh telinga. Biasanya gatal terjadi karena adanya infeksi jamur. Menggunakan benda tipis ke dalam telinga untuk menjangkau area tersebut dan berharap rasa gatal akan reda adalah reaksi psikologis tubuh manusia.

Sebaiknya, penggunaan tusuk gigi, penjepit rambut, atau kuku perlu dihindari, agar tak melukai gendang telinga dan kanal telinga. Bahkan penggunaan pengorek telinga atau cotton bud yang terlalu ekstrim juga bisa melukai telinga.

Apabila rasa gatal yang dirasakan hanya sesekali saja, ini bukan sebuah masalah serius. Apabila rasa gatal muncul terlalu sering dan sangat mengganggu aktifitas, kondisi tersebut harus segera dikonsultasikan ke dokter.

Dr Malik mengatakan, apabila frekuensi gatal cukup sering bisa mengindikasikan adanya infeksi yang perlu diobati. Untuk rasa gatal biasa, ia menyarankan untuk menggaruknya dengan ujung jari saja, tidak dengan kuku. Demikian dilansir dari laman Thehealthsite, Rabu (27/7/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini