nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kandungan Berbahaya dalam Rokok

Menggi Febrianti, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2016 14:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 07 27 481 1447938 4-kandungan-berbahaya-dalam-rokok-cPC8lnyoMl.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

MUNGKIN sudah tidak asing lagi bagi anda mengenai peringatan bahaya rokok. Selain sudah banyak tutorial mengenai bahaya merokok, Anda juga bisa langsung melihatnya pada bungkus rokok itu sendiri yang bertuliskan “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin".

Jika kita sadar dan mencermati tulisan tersebut pasti, kita akn memahami betapa bahayanya rokok bagi kesehatan perokok aktif dan orang di sekitarnya sebagai perokok pasif.

Kandungan bahan Kimia yang terkandung dalam rokok terdiri dari beberapa zat yang cukup berbahaya bagi tubuh. Merokok merupakan kebiasaan adiktif yang terjadi karena efek nikotin. Hal itu merupakan psikoaktif zat yang ditemukan dalam asap rokok.

Nikotin masuk ke dalam aliran darah dan otak, yang menciptakan adrenalin. Hal ini merupakan alasan, mengapa kebanyakan orang menjadi kecanduan berat dengan rokok.

Dilansir dari Boldsky, Rabu (27/7/2016), ada empat kandungan dalam rokok yang berbahaya bagi kesehatan, yaitu:

1. Aseton

Aseton umumnya digunakan dalam membersihkan cairan dan penghilang cat kuku. Ketika aseton dihirup melalui Rokok, dapat menyebabkan penyakit kulit dan gangguan otak.

2. Tar

Tar, merupakan bahan umum yang ditemukan dalam rokok. Bahan tersebut dapat, menyumbat paru-paru dan menyebabkan gangguan seperti emfisema, bronkitis kronis, dan kanker paru-paru.

3. Karbon Monoksida

Karbon Monoksida adalah bahan kimia ditemukan dalam rokok dan dapat menyebabkan sakit kepala, mual, pusing dan akhirnya gangguan pada jantung.

4. Arsenik

Arsenik adalah bahan utama dalam racun tikus. Hal ini juga terkait dengan kanker kandung kemih, dan penyakit paru-paru.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini