nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tangkal Radikal Bebas, Ini yang Dibutuhkan Kulit

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 28 Juli 2016 16:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 07 28 194 1449233 tangkal-radikal-bebas-ini-yang-dibutuhkan-kulit-pbNnC75N6s.jpg Tangkal radikal bebas (Foto: Healthable)

SELAMA 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tentu kita tidak bisa menghindari dari paparan sinar matahari dan polusi udara. Terutama bagi yang hidup di kota metropolitan seperti Jakarta.

Paparan radikal bebas yang terus menerus menerpa tubuh akan menimbulkan efek buruk. Efek yang paling terlihat dari akibat paparan radikal bebas ini adalah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Kulit yang terus menerus terkena paparan radikal bebas dapat mengalami kerusakan sel, pigmentasi yang tidak merata, kerusakan protein, dan kerusakan pembuluh darah kulit. Inilah hal yang membuat kulit mengalami penuaan dini.

Salah satu cara yang bisa dilakoni untuk menangkal radikal bebas ini ialah dengan memperbanyak antioksidan dalam tubuh. Antioksidan dapat diperoleh secara alami dari dalam tubuh dan juga dari asupan antioksidan eksternal.

"Ada sumber antioksidan yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh seperti karotenoid (beta karoten, lutein, dan astaxanthin). Dari asupan makanan pun bisa didapatkan namun jumlahnya tidak mencukupi sehingga perlu antioksidan yang bermutu," papar dr Hans Utama, Sp.KK dari RS Grha Kedoya yang dijumpai Okezone pada Kamis, 28 Juli 2016 dalam acara SOHO #BetterU di Artotel Thamrin, Jakarta Pusat.

Di antara antioksidan yang ada, antioksidan yang paling kuat ialah Astaxanthin.

"Pada saat ini antioksidan yang paling kuat adalah Astaxanthin yang berasal dari Haematoccocus Pluvialis (ganggang air tawar). Astaxanthin ini memiliki kekuatan antioksidan 6000 kali dari vitamin C dan 110 kalo dari vitamin E, 54 kali dari beta karotin, dan 550 kali green tea catechins," tambah dr Yulita Lea yang ditemui Okezone dalam kesempatan yang sama.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini