nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips Mencegah Sakit Telinga saat di Pesawat

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2016 08:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 02 481 1452608 4-tips-mencegah-sakit-telinga-saat-di-pesawat-OztGXkA43a.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

SAAT bepergian dengan menggunakan pesawat, pasti mengalami rasa sakit pada telinga di ketinggian tertentu. Tentu rasa sakit ini dapat dicegah dengan beberapa cara.

Ikuti tips berikut ini untuk mencegah sakit pada telinga saat di dalam pesawat, dikutip dari laman Thehealthsite, Selasa (2/8/2016).

Meniup dengan hidung

Teknik sederhana menghilangkan rasa sakit pada telinga dengan meniupnya dengan hidung, dikenal sebagai istilah valsava manoever. Anda bisa mengulangi cara ini beberapa kali untuk membuat telinga lebih plong saat bepergian dengan pesawat.

Menguap dan menelan

Cara ini mampu merangsang otot telinga untuk membuka saluran eustachius yang terhambat. Beberapa maskapai penerbangan menyiapkan permen sebelum lepas landas. Makan permen dapat mencegah terjadinya penyumbatan telinga saat pesawat berada di udara.

Menggunakan decongestant

Sebelum menggunakan decongestant, Anda bisa mengonsultasikan ke dokter. Decongestant biasanya disemprotkan melalui hidung, 15 menit sebelum penerbangan lepas landas dan 15 menit sebelum mendarat.

Jangan tidur di pesawat

Tetap terjada saat lepas landas dan mendarat adalah cara terbaik mencegah sakit telinga. Saat di udara, Anda bisa melakukan valsava manoever untuk meringankan rasa sakit. Serta menguap dan menelan juga dapat menghindari rasa sakit.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini