Tips Merawat Mixer Biar Awet dan Tahan Lama

Dinno Baskoro, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2016 02:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 03 298 1454260 tips-merawat-mixer-biar-awet-dan-tahan-lama-o74Hu7cNtX.jpg Merawat mixer (Foto: Boldsky)

SIAPA tak kenal mixer? Perabotan dapur elektronik ini kerap menjadi alat utama yang dibutuhkan ketika hendak membuat kue.

Dengan menggunakan mixer, pekerjaan semacam mencampur, mengaduk sampai mengembangkan adonan akan lebih mudah.

Namun jika tidak dirawat dengan baik. Fungsi mixer tidak akan maksimal dan cepat rusak.

Karena itu pakar kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo memberi tips mudah merawat mixer biar awet dan tahan lama. Simak ulasan singkatnya berikut ini, Kamis (4/8/2016).

Bersihkan usai digunakan

Setelah digunakan, mixer sebaiknya dibersihkan sampai ke bagian tersulit. Misalnya pada lubang yang ada pada tempat batang pengaduk.

Pada bagian ini, sering kali sisa adonan mengendap di dalamnya. Karena itu bersihkan sampai benar-benar bersih.

Gulung kabel

Biasanya pada badan mixer tersedia slot untuk melipat kabel. Agar awet dan tahan lama, lipat kabel pada tempatnya. Kemudian susun pada kotak kemasan seperti semula.

Simpan di tempat yang kering

Mixer merupakan alat elektronik yang rentan pada suhu dan keadaan lingkungan. Karena itu ketika menyimpannya harus ditempat yang benar-benar kering.

Perhatikan juga tempat penyimpanannya. Pastikan tak ada lubang dan hama sejenis tikus atau serangga yang bisa merusak kemasan sampai bagian dalam mixer.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini