Peminum Alkohol Cenderung Terinfeksi Saluran Napas

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 03 Agustus 2016 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 03 481 1453625 peminum-alkohol-cenderung-terinfeksi-saluran-napas-eoU4RRSxIL.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

MINUM terlalu banyakalkohol dapat mengganggu kesehatan paru-paru dan berdampak buruk pada pernapasan. Sebuah studi menemukan, kandungan nitrit oksida pada napas peminum berat lebih sedikit, dibandingkan mereka yang bukan peminum alkohol.

Temuan tersebut dipublikasikan dalam journal Chest. Senyawa nitrit oksida memiliki peran penting untuk memberlikan perlindungan saluran pernapasan terhadap infeksi bakteri. Majid Afshar, Asisten Profesor di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine di Amerika Serikat mengatakan bahwa alkohol memang mengganggu keseimbangan kesehatan paru-paru. Nitrit oksida merupakan gas yang tak berwarna yang dihasilkan tubuh selama respirasi.

Para peneliti memeriksa data dari US Centers for Disease Control and Prevention’s National Health and Examination Survey (NHANES). Para peneliti mengkaji data dari 12.059 orang dewwasa yang berpartisipasi dam NHANES antara tahun 2007 dan 2012.

Melalui kajian tersebut, terdapat klasidikasi peminum berat, jika ia menghabiskan rata-rata satu gelas setiap harinya untuk wanita, sedangkan dua gelas per harinya untuk pria. Adapun klasifikasi peminum binge, yakni hanya mengonsumsi empat gelas minuman beralkohol setiap bulan untuk wanita, sedangkan lima gelas minuman untuk pria.

Hasil penelitian ditemukan terdapat 26.9 persen peminum berat. Para peneliti mengungkapkan bahwa kadar nitrit oksida pada napas peminum berat lebih rendang dibandingkan dengan mereka yang sama sekali bukan peminum. Demikian diberitakan dari laman Theheatlthsite, Rabu (3/8/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini