Mau Blender Awet? Ini Tips dari Sisca Soewitomo

Dinno Baskoro, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2016 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 04 298 1455228 mau-blender-awet-ini-tips-dari-sisca-soewitomo-ZchbGEehUT.jpg Awet menjaga blender (Foto: Google)

BLENDER, alat dapur elektronik ini sudah begitu familiar bagi masyarakat urban. Penggunaannya praktis, multifungsi, dan mempermudah untuk memproses hidangan.

Namun perlu diingat, blender punya kapasitas kinerja masing-masing. Tentu saja jika ingin awet dan tidak cepat rusak, blender harus dirawat dengan benar.

Sisca Soewitomo, chef ternama Indonesia membagikan sejumlah tips agar blender awet dan tahan lama. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bersihkan sampai kering

Alat elektronik biasanya rentan dengan lingkungan basah dan lembap. Karena itu, pastikan penggunaannya di tempat yang kering. Kemudian agar blender tetap awet, usai digunakan, segera cuci tabung dan keringkan. Begitu juga dengan badan mesin yang terkena percikan, segera lap dan pastikan tidak ada sisa cairan yang masuk ke lubang kecil.

Simpan di tempat kering

Usai digunakan, sebaiknya simpan blender di tempat yang kering dan bebas dari tikus atau hama lain yang bisa merusak kabel dan komponen lainnya. Paling aman, letakkan kembali pada kotak dan tutup rapat. Kemudian, simpan di tempat yang kering dan bebas lembap.

Kontrol penggunaannya

Agar blender tidak cepat rusak dan tahan lama, langkah paling mudah merawatnya dengan mengontrol penggunaan. Setidaknya, jangan dipakai terus-menerus. Beri jeda waktu agar mesin bisa cooling down dan tidak terlalu panas.

“Paling tidak setelah 30 menit, beri jeda dulu. Istirahatkan sejenak, jangan dipakai terus-menerus,” pungkasnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini