nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peternak Spanyol Produksi Foie Gras yang Lebih Manusiawi

Dinno Baskoro, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2016 19:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 04 298 1455356 peternak-spanyol-produksi-foie-gras-yang-lebih-manusiawi-4VEE4lcIrb.jpg Foie gras (Foto: Thedailymail)

FOIE gras selalu menuai kontroversi. Prosesnya sering kali dianggap kejam dan tidak manusiawi.

Bagaimana tidak? Foie gras yang berupa hati angsa penuh lemak nan lezat ini, dibuat dengan cara cukup ekstrem. Hewan angsa hidup dipaksa makan dengan tabung dan dipompa sampai perutnya penuh dan dilakukan berulang-ulang.

Proses kejam ini disebut dengan gavage. Dengan cara tersebut, maka hati angsa akan dipenuhi lemak dan ini membuat foie gras punya cita rasa tinggi.

Namun, sebuah peternakan di Spanyol menemukan cara menciptakan foie gras tanpa proses menyiksa hewan. Mereka memanfaatkan angsa liar yang bermigrasi ke Spanyol setahun sekali, kemudian dipancing dan diberi pakan bergizi seperti biji-bijian, buah ara, dan zaitun. Dengan metode ini, proses penggemukan angsa jauh lebih alami. Meski foie gras yang dihasilkan tidak segemuk dari peternakan pada umumnya, namun cara ini dinilai lebih manusiawi.

Eduardo Sousa dan Diego Labourdette, mereka yang mengagas metode ini. Peternakan tersebut menyembelih angsa-angsa liar itu satu tahun sekali dan biasanya panen pada Oktober.

“Kami membuat angsa pingsan dengan senter pada malam hari. Mereka terhipnotis dan kami menyembelihnya pada malam hari. Ini cara kuno dan angsa-angsa itu tidak lagi menderita,” ungkap Sousa kepada NPR, seperti dikutip Thedailymeal, Kamis (4/8/2016).

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini