Image

Antisipasi Arab Saudi Jelang Ibadah Haji

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2016, 11:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 08 04 406 1454728 antisipasi-arab-saudi-jelang-ibadah-haji-uXCg9CCzJk.jpg Ibadah Haji (Foto: Okezone)

PEMERINTAH Arab Saudi berencana menggunakan teknologi gelang elektronik, agar tragedi di Mina tidak terulang.

Jumlah jamaah haji yang meninggal dalam tragedi di Mina pada September 2015 lalu, mencapai 2.177 jiwa. Tragedi ini merupakan yang terburuk dalam sejarah haji. Dilansir IEEE, Kamis (4/8/2016).

Untuk mencegah peristiwa serupa, tahun ini Pemerintah Arab Saudi berencana mengeluarkan gelang elektronik untuk membimbing dan melacak jutaan jamaah haji, selama berada di tempat-tempat suci di Mekkah, Arab Saudi.

Selain disematkan alat pelacak (GPS), gelang tersebut didesain tahan air, serta dilengkapi dengan identitas pribadi dan catatan medis jamaah.

Hal tersebut akan memudahkan pihak berwenang untuk mengakses data itu, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pemerintah Arab Saudi menginstal 1.000 kamera pengintai terbaru, untuk mengawasi para jamaah saat mereka berjalan di sepanjang rute ziarah yang kerap ramai dikunjungi.

Tidak hanya untuk mengidentifikasi jamaah, gelang ini juga dirancang untuk memberikan bimbingan waktu-waktu sholat, panduan untuk langkah-langkah haji, kompas untuk menunjukkan arah kiblat, serta bantuan bahasa bagi jamaah yang tidak menguasai bahasa Arab.

Penggunaan teknologi gelang ini juga disebabkan karena Arab Saudi, berada di bawah tekanan kuat negara-negara tetangganya, seperti Iran yang tahun lalu kehilangan 400 warga negaranya.

Selain itu, media internasional juga melaporkan bahwa tragedi Mina pada tahun lalu, adalah bukti ketidaksiapan Pemerintah Arab Saudi dalam mengelola sebuah event akbar.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini