nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Permintaan Cruise Dunia Bila Ingin ke Indonesia

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2016 12:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 04 406 1454822 permintaan-cruise-dunia-bila-ingin-ke-indonesia-p8to34kDB6.jpg Kapal pesiar (Foto: Dailymail)

KUNJUNGAN kapal pesiar ke Indonesia telah meningkat. Tapi, ada beberapa kapal pesiar yang belum mengoperasikan pelayarannya ke Indonesia.

Salah satu jaringan kapal pesiar yang belum memasuki pelayaran Indonesia adalah Costa Cruises. Maski telah mengoperasikan empat kapalnya di Asia Pasifik, jaringan kapal pesiar ini belum berencana untuk melakukan pelayaran ke wilayah Indonesia.

Sales Manager Costa Cruises, Rudy Wiratno mengatakan beberapa hal di Indonesia yang perlu ditingkatkan untuk menarik kapal pesiar masuk ke Indonesia.

"Kita memahami pentingnya infrastruktur, security, fasilitas dan obyek wisata. Yang penting dukungan pemerintah penuh," ujar Rudy usai Perayaan 10 tahun Costa Cruises di Asia di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Menurut Rudy, infrastruktur seperti pelabuhan yang memadai untuk kapal pesiar sangat dibutuhkan. Sehingga wisatawan kapal pesiar tidak kesulitan untuk turun dan berwisata ke destinasi yang mereka kunjungi.

Termasuk ketersediaan transportasi darat dan udara untuk menunjang kelancaran liburan mereka.  "Karena peminat cruise makin lama makin besar. Jadi lebih ke advance planning," lanjut Rudy.

Di samping itu, Rudy mengungkapkan jika empat hal di atas dapat dipenuhi Indonesia, maka bukan tidak mungkin Indonesia dapat bersaing dengan negara lainnya. Terlebih, hal ini bisa membuat Produk Domestik Bruto (PDB) meningkat.

"Yang pasti kita mau bikin Indonesia lebih maju. Karena tourism bisa menaikkan PDB dan itu bagus untuk Indonesia," pungkasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini