nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahaya Menggunakan Pompa ASI Terompet

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2016 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 04 481 1455289 bahaya-menggunakan-pompa-asi-terompet-8UChIZ227P.jpg Ilustrasi (Foto: Takepart)

ADA beragam jenis pompa manual yang digunakan oleh para ibu menyusui. Salah satunya yakni pompa manual bentuknya seperti terompet yang sudah ada sejak lama.

Tapi tahukah Anda, kalau pompa tersebut menimbulkan risiko buruk jika terus dipergunakan. Bahkan, saat ini pompa tipe terompet ini sudah tidak direkomendasi oleh banyak pakar laktasi.

"Pompa terompet ini punya bagian karet bundar di belakangnya. Ini tidak bisa dibersihkan dan sangat mudah dimasuki oleh banyak cairan ASI," ujar Konselor Laktasi Nia Umar, saat ditemui Okezone di kediamannya, kawasan Pasar Minggu, baru-baru ini.

Dia menambahkan, apabila bagian karet itu tidak dibersihkan bisa menimbulkan bau tak sedap. Tentu hal ini dapat merusak ASI segar yang baru dipompa.

"Enggak hanya bau, bagian karet pompa bisa menimbulkan kuman yang bisa mengontaminasi ASI yang baru diperah. Makanya ini berbahaya," tandasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini