Menyusui Bantu Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2016 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 05 481 1455649 menyusui-bantu-turunkan-berat-badan-pasca-melahirkan-ZDYoBRWGlh.jpg Ilustrasi (Foto: Healthynaturalbaby)

BERAT badan pasca melahirkan bisa naik 9 sampai 23 kg daripada sebelum hamil. Jika menurunkan berat badan adalah target Anda selanjutnya, baik itu menurunkan 5 atau 50 kg, menyusui dapat menjadi salah satu cara yang efektif.

Menyusui nyatanya dapat membantu Anda membakar kalori dan penelitian mendukung sepenuhnya. Menurut pendidik laktasi, Sonali Shivlani, kehilangan hingga 20 kalori dapat terjadi ketika Anda sedang menyusui. Jadi jika Anda menyusui 8 kali sehari, 160 kalori dapat dibakar.

Setelah meregang 9 bulan, rahim perlu setidaknya 6 minggu (atau mungkin sekitar dua bulan) sebelum kembali mengecil, kata Sonali, seperti dilansir dari Thehealthsite, Jumat (5/8/2016). Jadi, jangan khawatir jika perut Anda sedikit menggelambir setelah melahirkan.

Namun, menyusui juga bisa membuat ibu baru sering lapar dan kurang tidur. Dengan keadaan seperti itu, tidak mudah bagi wanita untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, pemilihan camilan secara bijak harus dilakukan.

"Jika Anda jarang makan, tubuh akan mulai menarik energi cadangan dam akan menurunkan prolaktin yang mempengaruhi produksi susu," kata Kavita Mehra, pendidik laktasi dan kelahiran anak, Fortis, Noida. Jadi, ibu menyusui sebaiknya sering makan camilan agar tidak kelaparan dan makan berlebih ketika kesempatan tiba.

Yang perlu diingat juga, waktu penurunan berat badan tidak sama antara setiap orang. Jadi jangan berkecil hati jika Anda tidak bisa cepat menurunkan berat badan dibandingkan dengan ibu baru lainnya. Selama Anda mengonsumsi diet seimbang dan melakukan setidaknya 30 menit latihan setiap hari, berat badan akan mudah dikendalikan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini