Sepele Tapi Penting, Begini Langkah Benar Rebus Air

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 09 Agustus 2016 21:55 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 09 298 1459447 epele-tapi-penting-begini-langkah-benar-rebus-air-IEIEfLmRe9.jpg Langkah yang benar cara masak air (Foto: Thedailymeal)

MEMBACA judul artikel ini pasti Anda terkekeh, bagaimana bisa ada langkah yang salah saat memasak air. Kegiatan memasak yang dianggap paling mudah ini ternyata juga bisa salah jika tidak tahu langkah dasarnya.

Kesalahan dalam memasak air memang tidak fatal, tapi dengan menyimak tulisan ini, mungkin Anda bisa merebus air dalam jangka waktu yang lebih cepat. Dilansir dari TheDailyMeal, Selasa (9/8/2016) Berikut 4 langkah yang bisa Anda perhatikan saat merebus air baik untuk mengolah masakan lain atau hanya merebus air.

Pilih panci yang sesuai

Jenis dan ukuran panci ternyata memberikan pengaruh besar pada proses perebusan air. Jika Anda merebus air untuk memasak pasta, panci ukuran besar adalah yang paling sesuai. Pasalnya pasta mengandung pati yang hanya akan matang saat air benar-benar mendidih dan memiliki ruang untuk sirkulasi udara. Sementara jika ingin merebus sayuran, Anda bisa menggunakan panci yang kecil. Lain lagi jika Anda hanya merebus air saja, panci ukuran apapun bisa dipakai sesuai kebutuhan.

Tambahkan garam

Cara ini bisa dilakukan ketika Anda merebus air untuk mengolah masakan. Garam menurunkan titik didih air sehingga lebih cepat mendidih. Garam bisa ditambahkan dalam rebusan air saat akan mengolah pasta, sayuran atau bahan makanan lain. perhatikan jumlah takaran garam yang ditambahkan pasalnya garam akan mempengaruhi rasa. jangan pernah menambahkan garam saat akan merebus kentang karena kentang akan menyerap garam dan membuatnya menjadi asin.

Rebus dengan besar api yang dibutuhkan

Air tidak sama seperti halnya dengan bahan makanan yang semakin lama dimasak akan menjadi over cook atau gosong. Air tidak akan menjadi gosong jadi Anda bisa merebusnya menggunakan api kecil, api sedang maupun api besar. Semuanya bisa sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Gunakan tutup panci

Jika Anda hanya memiliki waktu yang singkat saat merebus air, manfaatkan tutup panci. Uap panas yang mengumpul di dalam panci akan menaikkan suhu air lebih cepat. Ini berarti air akan cepat mendidih.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini