nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

500 Pelajar di Kalbar Diedukasi Tidak Menikah Muda

Dina Prihatini, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2016 09:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 11 481 1460697 500-pelajar-di-kalbar-diedukasi-tidak-menikah-muda-Xy9DVGLOZH.jpg Ilustrasi keluarga berencana (Foto: Jpmi)

SEKITAR 500 pelajar di kawasan pedalaman Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak, Provinsi Kalbar diberikan pelajaran mengenai kependudukan. Salah satu pemaparan yang diberikan adalah tidak menikah muda dan tidak menggunakan narkoba.

Para pelajar yang hadir mulai dari pelajar SMP hingga SMA terlihat antusias, karena salah satu sekolah menampilkan beberapa kesenian seperti tarian khas Dayak, membawakan lagu hingga membaca puisi.

Salah satu pelajar dari SMP AGA Kecamatan Sebangki, Evi mengatakan sangat senang sekali karena jarang sekali di Kecamatan Sebangki diadakan acara seni seperti ini.

"Kami di sini jarang sekali dikumpulkan dan menggelar acara seni seperti ini. Dengan acara ini kami paham kapan kami harus menikah dan jangan mengenal dan mendekati narkoba," katanya.

Anggota DPR RI, Carolin Margreth Natasha mengaku pemberian pemahaman kepada generasi muda khususnya di pedalaman ini adalah kerjasama pemerintah yaitu BKKBN dengan DPR RI khususnya Komisi IX.

"Melalui gelaran pentas seni seperti ini kami lebih mudah memberikan sosialisasi terkait program BKKBN seperti tidak menikah muda dan bahayanya menggunakan narkoba," ungkapnya kepada Okezone, Rabu 10 Agustus 2016.

Bahwasannya, pemberian pemahaman kepada generasi muda, dikatakan Carolin sangat penting diberikan mengingat generasi penerus juga banyak di pedalaman.

"Mereka juga berhak mendapatkan pelajaran dan pemahaman untuk masa depan, termasuk tidak menikah muda dan jangan pernah mengenal narkoba," jelasnya.

Kepala BKKBN Kalbar, Taruna Rosevelt mengatakan, program kependudukan sangat diperlukan khususnya di Kalbar. "Untuk itu kerjasama DPR RI Khususnya dari komisi IX sangat membantu suksesnya program BKKBN di Kalbar," jelasnya.

Taruna menambahkan bahwa yang telah disampaikan Kepala BKKBN, Surya Darma Surapati bahwa Kalbar merupakan daerah tertinggi di Indonesia dalam hal menikah muda, maka pelajaran dan pemahaman yang diberikan kepada para pelajar di pedalaman ini merupakan langkah positif bagi penerus bangsa.

"Dengan adanya sosialisasi sekaligus gelar seni seperti ini kami harapkan generasi muda di Kalbar paham untuk merencanakan masa depan yang berkualitas," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini