nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketahui 6 Efek Samping Antibiotik terhadap Kesehatan Anda

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 14 Agustus 2016 06:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 12 481 1462091 ketahui-7-efek-samping-antibiotik-terhadap-kesehatan-anda-vyBgFdZaoy.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

BIASANYA kita mengonsumsi obat antibiotik untuk mengatasi beberapa penyakit. Namun, kita juga perlu mengetahui beberapa efek samping mengonsumsi antibiotik.

Dalam kondisi tertentu, antibiotik dapat menyebabkan penyakit pencernaan, seperti diare. Bahkan, efek samping antibiotik juga bisa berdampak terhadap ginjal. Berikut selengkapnya sebagaimana dilansir dari Thehealthsite.

Diare: Antibiotik seperti amoxicillin dan metronidazol dapat menyebabkan diare yang ditandai dengan feses berair bersama bau sangat kuat.

Keasaman dan gas: Antibiotik dapat menyebabkan keasaman dan gastritis. Hal ini biasanya terjadi karena antibiotik membunuh bakteri baik dalam usus yang dibutuhkan oleh usus.

Disfungsi ginjal: Obat-obatan tertentu, seperti aminoglikosida tidak aman untuk ginjal dan dapat menyebabkan disfungsi ginjal. Jadi, yang terbaik adalah menghindari obat-obatan ini jika Anda sudah memiliki penyakit ginjal.

Infeksi jamur pada Miss V: Wanita perlu mewasapadai efek samping yang mungkin muncul ketika mengonsumsi antibiotik. Karena, salah satu efek samping antiobiotik adalah infeksi jamur pada Miss V.

Alergi kulit: Obat-obatan tertentu seperti sulpha tetrasiklin dapat menyebabkan alergi kulit, seperti gatal-gatal dan bintik-bintik pada kulit. Dalam kasus yang jarang terjadi, alergi kulit dapat menyebabkan Stevens-Johnson Syndrome yang ditandai dengan dermatitis parah.

Stomatitis: Antibiotik juga dapat menyebabkan infeksi oral disebut stomatitis, di mana Anda akan menderita sariawan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini