Hubungan Berat Badan dengan Pengendara Sepeda dengan Pengemudi Mobil

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2016 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 15 481 1464013 hubungan-berat-badan-dengan-pengendara-sepeda-dengan-pengemudi-mobil-BgjmAzIcby.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

ORANG yang biasa mengendarai mobil sebagai alat transportasi utama mereka rata-rata empat kilo lebih berat daripada mereka yang biasa bersepeda, menurut sebuah penelitian.

Para peneliti mempelajari bagaimana berbagai bentuk transportasi berhubungan dengan tingkat aktivitas fisik dan akibatnya pada kesehatan masyarakat.

Para peneliti sejauh ini memantau 11.000 relawan di tujuh kota Eropa. Mereka menanyai bagaimana responden pergi keliling kota, moda transportasi apa yang mereka gunakan, dan berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk bepergian.

Tim juga meminta relawan untuk merekam tinggi dan berat badan mereka. Selain itu juga untuk memberikan informasi tentang sikap mereka terhadap kegiatan berjalan kaki dan bersepeda.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti desain perkotaan, bagaimana kita bergerak di perkotaan, penggunaan mobil, sepeda, atau berjalan kaki semua berperan penting dalam menentukan tingkat aktivitas fisik sehari-hari," kata Audrey de Nazelle, peneliti di Imperial College dalam sebuah pernyataan.

Mendorong masyarakat untuk berjalan dan bersepeda sebagai bagian dari moda transportasi sehari-hari dilihat para peneliti sebagai solusi ideal untuk mengatasi epidemi tidak aktif secara fisik, tambah Nazelle dikutip dari Timesofindia, Senin (15/8/2016).

Sementara para peneliti belum bisa menarik hubungan sebab akibat antara jenis transportasi yang dipilih dan berat badan mereka, peneliti mengatakan hasil ini adalah awal yang menarik dan dapat menjadi penguat studi selanjutnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini