nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kurang Tidur dapat Berdampak Negatif seperti Ini

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2016 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 16 481 1465206 kurang-tidur-dapat-berdampak-negatif-seperti-ini-t4stvAhxP4.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

BEGADANG memang tidak baik untuk kesehatan. Bahkan studi terbaru menunjukkan kebiasaan begadang atau masalah tidur lain dapat memberi konsekuensi yang mengerikan, seperti ditemukan studi yang dipublikasikan di dalam Jurnal Neurology.

Begadang atau kurang tidur akibat insomnia dan gangguan tidur lainnya ditemukan meningkatkan risiko stroke. Analisis dari 29 penelitian menunjukkan bahwa gangguan tersebut juga membuat penderita stroke sulit pulih atau mengalami stroke kembali.

"Tidur memiliki fungsi restoratif untuk otak dan penting untuk menyimpan informasi yang didapatkan seharian. Ini menjelaskan mengapa pemulihan stroke begitu banyak dipengaruhi oleh gangguan tidur," kata penulis studi Dirk M Hermann, MD, dilansir dari Glamour, Selasa (16/8/2016).

Bahkan jika Anda tidak memiliki gangguan tidur, tidur kurang dari enam jam meningkatkan risiko stroke dan meninggal secara mendadak karena kondisi tersebut, kata Alice Doe, MD, spesialis gangguan tidur dari Ascension Borgess Sleep Center.

"Kebiasaan tidur dengan waktu pendek berhubungan dengan risiko gangguan kardiovaskular, peradangan, dan risiko resistensi insulin yang lebih tinggi. Tidur diperlukan untuk 'membersihkan' racun pada tingkat neuronal di otak. Kurang tidur akan membuat otak tidak memiliki waktu untuk membersihkan racun yang telah terakumulasi seharian," jelasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini