nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kelebihan Biji Kopi Indonesia Dibanding Negara Lain

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 17 Agustus 2016 22:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 08 17 298 1466319 kelebihan-biji-kopi-indonesia-dibanding-negara-lain-qBWDZQUv1A.jpg Biji kopi Indonesia punya keunggulan (Foto: Shutterstock)

POPULARITAS biji kopi Indonesia memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebagai salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia, kopi Indonesia pun dikenal namanya hingga ke seluruh penjuru dunia karena kualitas dan cita rasanya yang mumpuni.

Sebetulnya, apakah kelebihan dari biji kopi dari Indonesia dibanding dari negara-negara lain di dunia? Menjawab pertanyaan ini, Sandy Djaja selaku area manager dan Certified Q Grader, sekaligus barista dari Djournal Coffee tidak segan memberikan ilmunya.

“Kelebihannya itu, kita punya biji kopi sangat bervarietas alias memiliki aneka ragam yang banyak. Ditambah dengan semakin dinamisnya budaya kopi di Indonesia ini menjadikan dari sisi petani ada peningkatan akan kualitas dari biji kopi itu sendiri,” ungkap Sandy saat ditemui Okezone dalam acara Djournal Coffee Doodle di Djournal Coffee Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (17/8/2016).

Selain jenis varietasnya yang beragam serta berkualitas tinggi, kelebihan kopi Indonesia juga terletak pada variasi rasanya.

“Biji kopi di Indonesia itu bisa dibuat lebih spesifik, misalnya kopi Aceh bisa saja muncul dengan rasa cokelat yang pekat. Lalu karena wilayah Indonesia ini luas dan beriklim tropis dengan banyaknya pegunungan tinggi dan daerah yang ketersediaan airnya tinggi, maka variasi rasa yang terbentuk bisa macam-macam. Misalnya, ada yang rasanya seperti buah salak atau ada juga kopi yang memberikan sentuhan cita rasa pedas,” tandas Sandy.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini