nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Agar Tak Tertipu, Ikuti Tips Pilih Semangka Matang Berkualitas

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 19 Agustus 2016 14:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 19 298 1467750 agar-tak-tertipu-ikuti-tips-pilih-semangka-matang-berkualitas-bcYdaLfCyE.jpg Tips pilih semangka matang (Foto: Edenbrothers)

SEMANGKA jadi buah favorit saat musim panas. Kandungan air yang banyak, rasa yang manis serta menyegarkan jadi alasan banyak orang untuk menyukai buah berdaging merah ini. Tapi tentu hanya semangka yang matang dan berkualitaslah yang punya rasa manis.

Sebelum membeli semangka, yuk simak dulu tips dan trik yang bisa jadi panduan untuk mendapatkan semangka lezat, matang dan berkualitas. Dilansir dari MyDomaine, Jumat (19/8/2016), berikut tipsnya.

Lihat coraknya

Jika Anda berniat membeli semangka utuh, lihat corak pada kulitnya. Ini adalah tanda pertama yang bisa jadi acuan Anda untuk menemukan semangka matang. Semakin matang, warna corak semangka akan semakin hijau tua. Selain hijau tua, semangka matang juga terlihat semakin kusam, karena kulit semangka yang mengilat menunjukkan semangka belum matang sempurna

Periksa juga garis pada coraknya, pastikan semua garis memiliki bentuk simetris, rapi di setiap barisannya. Semakin rapi barisan corak maka semakin baik semangka yang Anda dapatkan. Selain warnanya, perhatikan juga bentuknya, jangan membeli semangka yang memiliki banyak benjolan, terdapat memar, lubang bekas digigit serangga atau terdapat bagian yang lunak atau bonyok.

Takar beratnya

Semangka yang matang memiliki kandungan air yang semakin banyak sehingga memengaruhi beratnya. Jadi usahakan untuk memilih semangka yang berat, bahkan jika ukurannya kecil sekalipun.

Untuk menakar beratnya, ambil sebuah semangka, lalu tepuk perlahan. Jika terdengar suara berongga maka itu tandanya semangka sudah matang. Cara ini juga menandakan buah semangka memiliki daging yang lembut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini