nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Penyebab Alergi Kunci Penting Atasi Alergi

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 19 Agustus 2016 14:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 08 19 481 1467746 hindari-penyebab-alergi-kunci-penting-atasi-alergi-2wSQ5aIAiL.jpg Ilustrasi (Foto: Medicaldaily)

GEJALA flu atau pilek yang sering kita rasakan bisa jadi muncul karena alergi. Kalau sudah demikian, minum obat untuk atasi gejala akan percuma. Bagaimana pun, menghindari penyebab alergi adalah kunci atasi gejala alergi berkepanjangan.

Disampaikan oleh dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT), dr Adelena Anwar, gejala pada sistem pernapasan yang muncul tiba-tiba namun berlangsung lama dan sering kambuh bisa disebabkan alergi. Tergantung pemicunya, agen alergi yang harus dihindari pun bisa berbeda-beda.

“Mencari tahu dan menghindari penyebab alergi lebih efektif daripada minum obat pereda gejala atau obat anti alergi. Kalau alergi cokelat misalnya, dicoba dulu supaya jangan lagi makan cokelat. Tapi, jangan terlalu disiksa nggak boleh ini itu kalau anak-anak,” jelasnya.

Namun, adakalanya penyebab alergi sulit diketahui. Misalnya alergi karena debu karpet, kipas atau AC yang jarang dibersihkan, serbuk bunga, atau bulu binatang peliharaan. Kalau demikian adanya, maka tes alergi akan sangat membantu.

“Tes alergi itu saya anggap penting. Karena tidak semua orang sama alerginya. Alergi macam-macam jenisnya, sehingga penanganan selanjutnya pada pasien tergantung diagnosanya,” pungkas dr Adelena.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini