Berbagi Air Bersih dengan Purifier Water

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 19 Agustus 2016 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 19 481 1468072 berbagi-air-bersih-dengan-purifier-water-CG5PhwHK9P.jpg Purifier water dapat menjernihkan air yang kotor (Foto: Dewi/Okezone)

KETERSEDIAAN air bersih di wilayah timur Indonesia sangatlah terbatas. Hal ini tentu mengganggu kualitas hidup penduduk yang tinggal di wilayah tersebut.

Misalnya yakni Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah dikenal jarang sulit mendapatkan akses air bersih. Hal ini membuat banyak pihat turut membantu dengan program Children's Safe Drinking Water (CSDW) agar memudahkan masyarakat di sana.

Direktur NRD Wahana Visi Indonesia David Andre Ardhani Kamal mengakui, 56 persen penduduk Indonesia kesulitan mendapatkan air bersih. Hal ini membuatnya ingin membantu masyarakat agar dapat menggunakan dan mengonsumsi air bersih secara praktis.

"Bersama program CSDW dan kerjasama pemerintah, saya optimis dapat meningkatkan kualitas hidup penduduk yang tinggal di daerah terpencil," ujarnya saat jumpa pers P&G Berbagi Air Bersih di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (19/8/2016).

Pada kesempatan sama, Direktur Utama P&G Indonesia Nararya Soeparto menambahkan, setiap penduduk di NTT dibagikan purifier water yang dapat menjernihkan air yang kotor. Tentunya cara ini praktis dilakukan dan tidak memakan banyak waktu.

"Air kotor yang sudah jernih bisa langsung digunakan atau diminum langsung," tambah Nara.

Water purifier tersebut berupa bubuk yang mengandung iron sulfate dan klorin. Pelarut kotoran ini sudah lolos uji laboratorium Kementerian Kesehatan, sehingga aman digunakan.

Nantinya, CSDW juga akan dilakukan di Kota Sekadau, Kalimantan Barat yang juga kesulitan air bersih. Walaupun di sana merupakan Kota Seribu Sungai.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini