Share

Remaja Pedalaman Komitmen Tunda Nikah Muda

Dina Prihatini, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2016 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 23 196 1470979 remaja-pedalaman-komitmen-tunda-nikah-muda-5bzdTuxRSC.jpg Ilustrasi pasangan remaja (Foto: Popsugar)

MEMILIKI kehidupan yang jauh lebih baik, sesuai harapan serta berkualitas merupakan harapan hidup bagi seluruh umat manusia.

Demikian pula dengan ratusan pelajar yang terdiri dari pelajar SMP, SMA serta sekolah kejuruan di kawasan pedalaman Kabupaten Landak dan Kabupaten Sanggau Provinsi Kalbar.

Mereka sengaja hadir dalam pertemuan genre ceria yang merupakan program BKKBN bekerjasama dengan Komisi IX DPR RI.

Meski berada di kawasan pedalaman, tak menyurutkan langkah siswa-siswi ini untuk mengikuti pertemuan yang melakukan pendekatan terhadap pelajar melalui media tradisional, seni dan budaya ini.

Salah satu pelajar di Desa Sompak Kecamatan, Jhon mengatakan, jika ia dan seluruh teman sekelasnya sengaja hadir dalam acara genre ceria untuk mengikuti dan berkomitmen dalam mendapatkan kehidupan yang jauh lebih baik.

"Pastinya kami datang untuk mendapatkan informasi bagaimana agar remaja Kalbar khususnya di pedalaman dan di seluruh kabupaten berkomitmen untuk menjalani hidup berkualitas," ungkapnya kepada Okezone, Selasa (23/8/2016)

Menurutnya salah satu bagaimana mendapatkan hidup yang berkualitas adalah dengan cara tidak pernah menyentuh narkoba, tidak melakukan seks bebas serta tidak meminum air keras.

"Seperti narkoba dan seks bebas ini yang harus kami perangi, karena memang banyak kawan kami yang baru kelas dua SMA bahkan masih SMP sudah hamil duluan," katanya.

Perwakilan pelajar dari Kabupaten Sanggau, Hasinah juga mengatakan hal yang sama.

Meski baru duduk di bangku sekolah pertama, Hasinah bersama rekan sekelas menginginkan kehidupan yang lebih baik lagi.

"Kami banyak belajar dari pentas seni seperti sekarang ini karena dengan adanya komitmen dari para pelajar, maka kami akan lebih berhati-hati dan waspada sampai melewati masa remaja," tuturnya.

Anggota DPR RI Komisi IX, Carolin Margreth Natasa menambahkan, dengan adanya pentas seni seperti ini maka pemerintah akan mudah memberikan sosialisasi terkait program tidak menikah muda termasuk menjauhi narkoba dan tidak melakukan seks bebas.

"Makanya komisi IX bersama BKKBN melaksanakan genre ceria sehingga pemahaman tidak menikah muda kemudian menjauhi narkoba dan seks bebas ini akan mudah dipahami," katanya.

Carol menambahkan komitmen untuk hidup berkualitas tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah saja.

"Melainkan juga harus dipahami oleh remaja di seluruh Indonesia termasuk Kalbar apalagi mereka yang ada di pedalaman Kalbar. Para remaja inilah yang harus berkomitmen demi mendapatkan hidup berkualitas di masa yang akan datang," pungkasnya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini