nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ssstt... Kemenyan Ternyata Bumbu Rahasia Lezatnya Ayam Betutu Bali!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2016 15:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 08 23 298 1470917 ssstt-ternyata-ini-bumbu-rahasia-lezatnya-ayam-betutu-bali-vvBoe2tzlL.jpg Ayam betutu khas Bali punya bumbu rahasia (Foto: Kooliner)

KULINER Pulau Dewata yang paling terkenal adalah ayam dan bebek betutu. Makanan khas ini sudah tidak diragukan lagi kelezatannya, tapi tahukah Anda ada rahasia dibalik nikmatnya olahan betutu?

Rasa bumbu yang kuat tentu jadi kunci utama yang menentukan rasa ayam betutu. Jika Anda penggemar ayam atau bebek betutu mungkin bisa merasakan ada bumbu dengan rasa asing di dalam ayam betutu. Rasa ini adalah kemenyan. Wow!

Hal ini dikatakan Chef Mandif Warokka saat ditemui di Gran Melia Hotel, Jakarta. “Orang banyak tahu ayam betutu diolah pakai bumbu yang kuat rasa seperti lengkuas dan kencur. Tidak banyak yang tahu kalau bumbu betutu juga dipakaikan kemenyan,” kata Chef Mandif yang memiliki restoran di Bali ini.

Rasa kemenyan ini cukup kuat namun tidak banyak orang tahu kalau itu adalah rasa dari kemenyan, bahan yang kerap digunakan dalam kegiatan spiritual. “Pasti berasa, tapi orang enggak tahu itu rasa kemenyan. Wajar karena siapa juga yang pernah iseng mencicipi kemenyan,” tambah Chef Mandif diselingi tawa.

Pria yang terkenal kerap menyajikan makanan Indonesia dengan tampilan fine dining ini mengatakan betutu akan memiliki rasa yang kurang jika tidak dibumbui dengan kemenyan. “Saya pernah beberapa kali coba enggak pakai kemenyan, rasanya beda, ada yang kurang,” tutup Chef Mandif.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini