Dalam Bisnis Kuliner Harus Peka dengan Selera Pelanggan

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 24 Agustus 2016 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 23 298 1471242 dalam-bisnis-kuliner-harus-peka-dengan-selera-pelanggan-afrTKJkGii.jpg Dalam berbisnis kuliner harus peka dengan selera pelanggan (Foto: Google)

MEMBANGUN bisnis apa pun tentu ada sejumlah tantangan yang mesti dihadapi. Termasuk bisnis kuliner yang nampaknya harus peka dengan selera pelanggan.

Hal itu diungkapkan oleh Johnny Andrean, Founder dari Breadtalk Indonesia. Johnny mengungkap tantangan utama dalam bisnis kuliner adalah memahami selera pelanggan.

"Tantangannya harus melihat selera pelanggan dan harus peka," ungkapnya kepada Okezone di Jakarta.

Pelaku bisnis kuliner di Tanah Air harus mengutamakan hal tersebut lantaran karakter pelanggan Indonesia yang terbilang unik. Pasalnya, pelanggan di Tanah Air itu tidak terbiasa mengungkap pendapat secara gamblang.

"Di Indonesia enggak mungkin tiba-tiba pelanggan ditanya dan bilang makanannya tidak enak. Mereka akan menilai makanan itu diam-diam. Tahu-tahu dia tidak kembali lagi karena kecewa. Karena itu harus lebih peka," tambahnya.

Kemudian melakukan survey akan makanan yang disuguhkan kepada pelanggan juga tidak begitu efektif jika ditanyakan langsung.

"Kalau survey langsung gitu kebanyakan pelanggan akan bilang iya-makanannya enak dan lain sebagainya. Padahal kita tidak tahu yang sebenarnya mereka rasakan," ucapnya.

Karena itu, peka terhadap selera pelanggan perlu diutamakan. Caranya dengan melihat makanan apa yang disukai pelanggan, memantau apakah santapannya habis bersih atau masih sisa banyak.

Lalu evaluasi lagi mengapa pelanggan tidak menghabiskan makanannya. Menurut Johnny yang juga memiliki bisnis salon itu, cara ini cukup efektif dalam melihat selera pelanggan.

"Pelaku kuliner harus peka sendiri. Misalnya melihat dari 10 piring yang habis bersih menu apa saja, kembangin lagi dan evaluasi kembali untuk berinovasi makanan," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini