nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Tahu Syarat untuk Donor Darah? Cek di Sini

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2016 12:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 23 481 1470790 sudah-tahu-syarat-untuk-donor-darah-cek-di-sini-FeGOf51hOK.jpg MNC Group tebar kasih melalui CSR donor darah (Foto: Manda/Okezone)

PERNAHKAH bertanya-tanya, siapa saja yang boleh mendonorkan darah? Memang, pada dasarnya setiap orang dewasa boleh mendonorkan darah mereka, tetapi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Hal ini diungkapkan oleh Ahmad Febriyadi selaku Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela PMI dari Depok.

"Mereka yang mendonorkan darah harus sehat jasmaninya. Berat badan juga tidak boleh kurang dari 45 kg. Tidur cukup, paling tidak 4 jam," ujar Ahmad kepada Okezone saat ditemui dalam aksi donor darah MNC Love Donation di Auditorium MNC Center, Selasa (23/8/2016).

Terutama bagi para wanita, Ahmad menambahkan, diharapkan dalam kondisi yang sehat ketika mendonorkan.darahnya. Tentunya, wanita tidak dalam kondisi haid atau sedang hamil saat mendonorkan darah.

Bicara soal aksi donor darah, program Corporate Social Responsibility (CSR) MNC Group yang menyelenggarakan MNC Love Donation kali ini bergandengan tangan dengan PMI kota Depok dan Sukabumi. Rencananya, kantong-kantong darah akan disumbangkan orang-orang yang membutuhkan darah di dua wilayah tersebut.

"Tiga bulan yang lalu kami berhasil membawa sekira 300 kantong darah. Sedangka untuk aksi donor darah pada hari ini, kita menargetkan 500 kantong darah dari pendonor," terangnya.

Ahmad menjelaskan kantong-kantong darah ini akan digunakan oleh mereka yang menderita talasemia, serta keadaan darurat bagi ibu hamil yang mengalami pendarahan, korban kecelakaan yang membutuhkan donor darah, serta penderita anemia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini