Oh, Ini Ciri-Ciri Air Mineral yang Baik untuk Diminum

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2016 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 23 481 1471156 oh-ini-ciri-ciri-air-mineral-yang-baik-untuk-diminum-AkFuqDkypS.jpg Ilustrasi (Foto: Fitday)

SUDAH tahu apakah air mineral yang Anda minum sudah baik untuk dikonsumsi? Ternyata ada beberapa ciri normalnya air mineral yang dapat dikonsumsi.

Dr Ulul Albab, SpOG perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebutkan beberapa poin yang menjadi tolok ukur air mineral layak untuk dikonsumsi, yakni fisik, mikrobiologi, dan kimia.

"Kalau dari fisiknya, air tidak berasa dan tidak berbau. Hal yang lebih penting lagi pH-nya harus netral, yakni 6,5 sampai 8. Lebih bagus pH-nya 7," ujar dr Ulul saat ditemui di acara Le Minerale dan Ikatan Dokter Indonesia Luncurkan 'Gerakan Indonesia Sehat' di Wyl's Kitchen, Hotel Veranda, Jakarta Selatan, Selasa (23/8/2016).

Secara mikrobiologi, dr Ulul menjelaskan bahwa air mineral harus terbebas dari bakteri dan kuman, sehingga aman untuk dikonsumsi.

"Sedangkan dari sisi kimiawi, air mineral sama sekali tidak boleh mengandung logam berat. Oleh karena itu, di kedalaman tertentu, sumber mata air memiliki kualitas yang bagus," ujarnya

Setelah mengetahui ciri-ciri air yang sehat untuk dikonsumsi, dr Ulul selalu mengingatkan untuk tidak kurang mengonsumsi air mineral. Kurangnya konsumsi air mineral sama saja dengan menjalankan gaya hidup yang tidak sehat. Banyak minum air putih justru mampu menangkal tubuh dari berbagai serangan penyakit.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini