nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Rahasia Lezatnya Olahan Ikan Kukus

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 24 Agustus 2016 13:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 24 298 1471861 ini-rahasia-lezatnya-olahan-ikan-kukus-E4mPTKwbx3.jpg Rahasia lezatnya olahan ikan kukus (Foto: Myrecipes)

BANYAK teknik masak yang bisa digunakan untuk mengolah ikan laut. Cara paling populer adalah dengan memanggang atau membakarnya. Tanpa bumbu sedikitpun, ikan segar akan menghasilkan rasa yang luar biasa.

Jika bosan dengan olahan ikan bakar, Anda bisa mengolahnya dengan cara mengukus. Ikan yang diolah dengan cara dikukus memiliki rasa yang lebih gurih serta dianggap lebih sehat karena sama sekali tidak terkena minyak dan proses penggorengan.

Ambil ikan favorit Anda, usahakan ikan ini adalah ikan berdaging tebal seperti kakap, dori atau ikan jenis lain yang berdaging tebal. Perciki ikan dengan anggur, tapi bahan ini bisa dihilangkan dan diganti dengan perasan air lemon, mentega dan cincangan peterseli. Kukus selama beberapa menit untuk mendapatkan tekstur ikan yang lembut, juicy dan harum beraroma.

Ikan bisa dikukus hingga matang atau diangkat saat setengah matang dan diolah kembali dengan teknik memanggang dalam oven. Kembali perciki daging ikan dengan minyak zaitun atau mentega cair, bumbui dengan sedikit garam dan merica lalu teruskan memasak hingga matang.

Ikan yang sudah matang bisa langsung dinikmati karena rasanya sudah lezat meski hanya menggunakan bumbu sederhana. Tapi jika ingin rasanya lebih kaya, sajikan ikan dengan saus favorit seperti tapenade, pesto atau saus romesco.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini