Segera, Pemerintah akan Bawa Soto Go International

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 26 Agustus 2016 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 26 298 1473654 segera-pemerintah-akan-bawa-soto-go-international-AW5l4sj0DJ.jpg Pemerintah akan bawa soto go international (Foto: Dapuranda)

SETELAH rendang, banyak kuliner Indonesia lainnya yang tengah gencar dipromosikan. Apalagi alasannya jika bukan untuk mendapat pengakuan dunia jika Indonesia punya sederet kuliner tradisional yang lezat.

Sebagai langkah konkret pemerintah dalam hal ini Kementrian Pariwisata (Kemenpar), kini ada makanan yang tengah dikaji dan dipelajari untuk selanjutnya akan di lempar ke mancanegara. Hal ini dikatakan Dadang Rizki Rahman selaku Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementrian Pariwisata.

“Orang tidak akan kenal makanan Indonesia kalau tidak kita yang memperkenalkan. Sekarang kita di Kemenpar sedang mendalami soto, nantinya kalau sudah selesai baru kita kenalkan lewat promosi-promosi dan berbagai festival baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” kata Dadang saat ditemui di Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2016.

Dadang lanjut menjelaskan, proses pendalaman soto ini meliputi banyak hal. Berbagai aspek dikaji mulai dari pilihan jenis soto, filosofi dan sejarah soto. “Setiap daerah punya soto, makanya kita sedang menentukan mana soto yang akan diangkat. Indonesia itu sangat kaya, kulinernya layak diangkat semua tapi tentu kita enggak mau main-main,” lanjut Dadang.

Hingga kini pihak Kemenpar belum menentukan soto khas mana yang akan diangkat, tapi harapan sudah banyak bermunculan. Dadang juga berharap semoga soto kelak bisa jadi hidangan yang mendunia layaknya tom yam khas Thailand.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini