nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beli Pisang? Simak Cara Pilih yang Bagus & Berkualitas

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 27 Agustus 2016 00:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 26 298 1473971 beli-pisang-simak-cara-pilih-yang-bagus-berkualitas-WruHV1qB4m.jpg Cara pilih pisang berkualitas (Foto: Wikicek)

BERDASARKAN hasil survey, pisang adalah buah yang paling banyak disukai orang. Bahkan pisang jadi buah yang pasti disukai anak-anak. Tentu hanya pisang yang enak dan manislah yang jadi favorit.

Pisang yang matang dan manis jadi incaran semua orang, untuk mendapatkan pisang yang berkualitas ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Dilansir dari WikiHow, Sabtu (27/8/2016) berikut cara yang bisa Anda lakukan agar tak terjebak mendapatkan pisang berkualitas buruk.

Pilih sesuai kebutuhan

Sebelum membeli pisang sebaiknya pikirkan dulu pisang akan dimakan langsung atau akan diolah. Pisang adalah buah yang cepat matang jadi pilihlah yang belum terlalu matang agar pisang tidak menjadi busuk sebelum disantap. Jika akan langsung digunakan misalnya dibuat kue atau smoothie maka pilihlah pisang yang matang.

Beli sesuai kebutuhan

Pisang akan cepat membusuk ketika dibiarkan dalam jangka waktu terlalu lama. Jadi belilah sesuai kebutuhan. Jangan membeli dalam jumlah terlalu banyak karena jika tidak dikonsumsi, pisang akan berakhir di tempat sampah.

Pilih pisang yang bersih dari bintik

Pisang yang bagus ditandai dengan permukaan kulit yang bersih dan mulus. Jika ada bintik coklat atau hitam yang terlalu banyak sebaiknya jangan dibeli karena pisang seperti ini menandakan kualitas yang buruk. Perhatikan juga permukaan kulitnya, pastikan tidak terdapat memar atau terkelupas.

Beli dengan tingkat kematangan berbeda

Memutuskan membeli pisang dengan tingkat kematangan yang berbeda adalah pilihan tepat. Pisang bisa dikonsumsi bertahap sesuai tingkat kematanganya. Hal ini membantu agar pisang tidak terbuang saat sudah terlalu matang karena pisang matang di waktu berbeda.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini