nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Bahaya Penggunaan Pelembap terhadap Kesehatan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 26 Agustus 2016 10:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 26 481 1473568 4-bahaya-penggunaan-pelembap-terhadap-kesehatan-EdW1mDlg9K.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

JIKA Anda termasuk orang yang gemar menggunakan pelembap, maka saatnya mengubah kebiasaan tersebut. Karena, kebanyakan pelembap menggunakan bahan-bahan berbahaya yang memiliki sejumlah efek samping.

Bahkan, efek samping dapat berdampak dalam jangka panjang. Berikut efek samping sering menggunakan pelembap seperti dilansir dari Thehealthsite.

Iritasi

Sebuah studi 1991 dilakukan untuk mengevaluasi efek jangka panjang dari pelembap. Peneliti telah mengungkapkan bahwa penggunaan sehari-hari dari pelembap pada kulit normal mempengaruhi fungsi lapisan pelindung kulit, sehingga meningkatkan kerentanan Anda terhadap iritasi. Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa pelembap mengandung sodium lauryl sulfat berdampak negatif terhadap hidrasi kulit, sehingga meningkatkan iritasi kulit.

Folikulitis

Dikenal sebagai peradangan folikel rambut, folikulitis dapat disebabkan oleh bakteri atau virus. Hasilnya, benjolan merah kecil atau jerawat muncul di sekitar folikel rambut di lengan, punggung, kaki atau bokong. Selain itu, studi telah menunjukkan bahwa kehadiran vitamin E linoleat di pelembap dapat menyebabkan dermatitis folikel.

Dermatitis alergi

Menurut sebuah studi di tahun 2008, produk kosmetik seperti pelembap adalah penyebab utama dari alergi dermatitis. Meskipun pelembap dianggap aman, aplikasi topikal dapat mengakibatkan reaksi alergi pada beberapa kasus. Kebanyakan pelembap mengandung wewangian, yang merupakan alergen hanya meningkatkan risiko.

Urtikaria

Dalam beberapa kasus, aplikasi pelembap dapat menyebabkan reaksi alergi langsung. Hal ini dapat menyebabkan kemerahan dan pembengkakan, yang disebabkan oleh adanya zat alergi pada pelembap. Karena itu, selalu memeriksa daftar bahan pelembap sebelum membelinya.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini