nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Perlu ke Eropa, Perhiasan Amber Dijual di Pameran Perhiasan Mutumanikam JCC

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 28 Agustus 2016 14:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 08 28 194 1475114 tidak-perlu-ke-eropa-perhiasan-amber-dijual-di-pameran-perhiasan-mutumanikam-jcc-9GI4niGLZo.jpg Batu amber (Foto: Erika/Okezone)

BAGI Anda yang mengenal jenis perhiasan dari batu Amber, ada kabar baik karena Anda dapat membeli bentuk perhiasan favorit Anda di Pameran Perhiasan Mutumanikam Nusantara Indonesia Jewelry FAIR 2016 yang diselenggarakan di Hall A Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan.

Berbagai bentuk perhiasan, mulai dari anting sampai bros besar bisa Anda dapatkan dengan harga sekira Rp150.000 per gram. Batu permata Amber unik karena berbahan dasar getah atau resin pohon. Jenis batu ini juga hanya umum dijumpai di Eropa, terutama Polandia.

"Pernah nonton film Jurrasic Park? Ya, batu ini adalah bentuk fosilisasi resin pohon sejak 50 juta tahun yang lalu. Batu seperti ini tidak ditemui di Indonesia, karena belum ada getah pohon yang setua dan setahan ini hingga bisa menjadi batu permata," kata Grzegorz Kosiel, pemilik stand Ekos Amber and Silver Jewellery dari Polandia, kepada Okezone, di Pameran Mutimanikam, Jakarta, Minggu (28/8/2016).

Jenis batu dari zaman Neolitik ini secara umum berwarna kuning sampai cokelat gelap. Tidak semua getah pohon dari zaman purba dapat menjadi baru permata Amber, melainkan hanya Pinus Succinifera. Karena berasal dari getah pohon yang lengket, batu Ambar sering kali memiliki bagian tanaman atau hewan kecil seperti serangga di dalamnya.

"Batu Amber dipercaya bisa mempengaruhi kesehatan juga. Misal gelang dari batu Amber kalau dipakai bisa menyembuhkan arthritis," tambah Grzegorz. "Kalau suka dengan batu Amber, tidak perlu pergi ke Eropa, cukup datang ke sini saja."

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini