nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidur Siang di Kelas Bisa Membuat Siswa Lebih Cerdas

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2016 12:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 29 481 1475595 tidur-siang-di-kelas-bisa-membuat-siswa-lebih-cerdas-ehRujGfKog.jpg Tidur siang bikin cerdas (Foto: Glamour)

MENGHABISKAN waktu berjam-jam belajar di dalam kelas bisa membantu menambah kemampuan belajar siswa. Namun, hasilnya akan maksimal ketika siswa diberi waktu untuk istirahat atau tidur siang, menurut sebuah penelitian baru.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Psychological Science menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu siswa mengingat informasi jangka pendek dan panjang. Ini ditemukan setelah para peneliti meneliti 40 orang yang diminta mempelajari bahasa Swahili dalam dua sesi.

Beberapa dari mereka memiliki satu sesi di pagi hari dan malam itu. Sementara sisanya memiliki sesi pertama di satu malam dan sesi kedua keesokan harinya setelah tidur.

Hasilnya, peserta yang menjalani kedua sesi di hari yang sama mengingat hanya rata-rata 7,5 dari 16 kata-kata mereka diajarkan, sedangkan orang-orang yang tidur mampu mengingat 10 kata. Plus, orang yang tidur mampu mempelajari 16 kata hanya dalam tiga uji coba.

"Ingatan yang tidak secara eksplisit diakses pada awal waktu belajar ulang tampak telah diubah oleh tidur dengan beberapa cara," kata penulis studi Stephanie Mazza, seperti dikutip dari Glamour, Senin (29/8/2016).

Tidak hanya itu, orang-orang yang tidur malam dengan baik mampu mengingat 15 dari 16 kata seminggu kemudian, sementara yang lain hanya bisa mengingat 11 kata. Bahkan setelah enam bulan, orang-orang yang tidur dapat mengingat lebih banyak.

Para penulis berpikir hasil ini bisa memiliki implikasi bagi siswa. Jika Anda belajar untuk ujian, misalnya, Anda lebih baik membaca sedikit satu hari, tidur malam yang baik, dan mengulang pelajaran di hari berikutnya daripada memaksa diri menghapal pelajaran sepanjang malam.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini