nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Cara Terbaik untuk Mengobati Alergi Kacang

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2016 20:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 29 481 1476036 ini-cara-terbaik-untuk-mengobati-alergi-kacang-J832B3yr41.jpg Ilustrasi (Foto: Glamour)

TAK ada yang lebih asyik ngobrol bersama teman sambil makan kacang. Kacang, seperti camilan yang tak bisa dilewatkan untuk menikmati momen kebersamaan. Sayangnya, hal ini agak sulit dinikmati bagi Anda yang memiliki alergi kacang.

Tak perlu khawatir tak bisa menikmatinya. Studi terbaru dari Journal of Allergy and Clinical Immunology menemukan obat yang menjanjikan untuk alergi kacang. Obat itu disebut imonoterapi.

Pasien yang menjalani imunoterapi, biasanya diiringi dengan konsumsi kacang, meski makanan ini membuat alegi. Secara bertahap, konsumsi jumlah makanan akan ditingkatkan dari waktu ke waktu. Hal ini dilakukan untuk membangun kekebalan energi terhadap alergen imunoterapi.

Studi ini melibatkan 40 anak yang alergi terhadap kacang, berusia 9 bulan sampai 3 tahun dan menjalankan imunoterapi. Terapi ini memang menimbulkan efek sakit perut. Namun setelahnya, hampir 80 persen anak bisa mengonsumsi kacang.

American Academy of Pediatrics menganjurkan para orangtua yang anaknya berisiko tinggi terhadap alergi kacang, dapat memberikan kacang dalam porsi kecil selama setahun.

Walaupun terdengar paradoks, tetapi metode ini merupakan terapi terbaik untuk menyembuhkan alergi kacang. Demikian dikutip dari Glamour, Senin (29/8/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini