nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tongseng Adalah Makanan Asli Indonesia

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2016 17:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 30 298 1476850 tongseng-adalah-makanan-asli-indonesia-niBqiiZSp5.jpg Tongseng adalah makanan khas Indonesia (Foto: Wikipedia)

SAKING kayanya keragaman kuliner Nusantara, kadang membuat masyarakat bingung mana yang asli khas Indonesia, mana yang merupakan makanan hasil akulturasi budaya. Salah satu kuliner khas yang punya banyak penggemar adalah tongseng.

Jika Anda penggemar tongseng, maka Anda patut bangga pasalnya makanan olahan daging kambing ini asli kuliner Indonesia. Pakar kuliner Indonesia, Arie Parikesit mengatakan, tongseng punya sejarah yang cukup panjang. Daging kambing memang dibawa dan diperkenalkan oleh pedagang-pedagang asal Timur Tengah, India dan lainnya.

"Tapi proses pengolahan serta bumbu yang dipakai 100 persen khas Indonesia," kata Arie Parikesit dalam acara Bango Lestarikan Warisan Kuliner Nusantara dengan Sajian Tongseng, di Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Olahan kambing mulai banyak dijadikan masakan, beberapa contohnya tongseng dan sate. "Kalau orang masak sate hanya menggunakan daging dan hatinya saja, sementara bagian lain enggak dipakai. Nah ini yang kemudian membuat orang akhirnya mengolah dengan berbagai bumbu dan jadilah tongseng," lanjut Arie.

Pria yang dikenal hobi menjelajah kuliner Nusantara ini juga mengatakan masakan olahan berbahan dasar kambing khususnya tongseng banyak diolah di daerah Jawa khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. "Bumbunya medok dan kuat tanda tongseng adalah makanan khas Indonesia," lanjut Arie.

Selain cita rasanya, tongseng memiliki ciri khas lain yakni penggunaan sayuran seperti kol dan tomat. "Sebenarnya ada banyak varian tongseng tapi itu hasil kreasi, yang jadi ciri khas adalah penggunaan sayuran kol dan tomat yang selalu pasti ada di tongseng" pungkas Arie.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini