Ini yang Terlihat di Paru-Paru Perokok saat di Rontgen

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2016 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 30 481 1476938 ini-yang-terlihat-di-paru-paru-perokok-saat-di-rontgen-mH7NB2N8n6.jpg Ilustrasi (Foto: Leighjournal)

TAKUT menjalani medical check up karena takut ada asap rokok yang terdeteksi di dalam paru-paru. Apakah Anda sering beranggapan demikian?

Asumsi bahwa rontgen yang akan menangkap keberadaan asap rokok di paru-paru perokok, adalah anggapan yang salah. Hal ini dijelaskan oleh dr Elisna Syahruddin, SpP(K) dari RSUP Persahabatan.

"Ini anggapan yang salah para pasien. Ini mau medical check up, mereka yang merokok takut terlihat asap rokoknya di paru-paru. Padahal tidak terlihat asap rokoknya," ujar dr Elisna saat ditemui Okezone di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Lalu, bagaimana bisa mendeteksi paru-paru para perokok dengan rontgen? Biasanya dokter mendeteksi adanya kelainan pada paru-paru saat perokok menjalani rontgen.

"Yang terlihat adalah kerusakan paru-paru akibat rokoknya. Misalnya, pada penderita PPOK atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis," tambah dr Elisna.

Ia menjelaskan bahwa tipe PPOK yang ditemui adalah bronkiritis kronik. Biasanya dokter sudah mengidentifikasi paru-paru perokok yang mengidap bronkitis akan terlihat corakan yang tidak normal.

"Selain itu, elastisitas paru-parunya berkurang, itu terlihat dari rontgen. Tapi asap dan zat-zatnya tidak tampak," ujarnya.

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa minum susu bisa mendukung hasil medical check up yang bagus, terutama mereka yang merokok. Namun, dr Elisna menangkal anggapan tersebut.

"Banyak orang yang bilang minum susu berpengaruh, supaya medeical check up hasilnya bagus. Padahal hal itu sama sekali tidak ada kaitannya," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini