Tongseng, Sajian Lezat dari Bahan Sisa Sate

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 31 Agustus 2016 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 31 298 1478022 tongseng-sajian-lezat-dari-bahan-sisa-sate-USU0oSHxLE.jpg Tongseng kambing (Foto: Wikipedia)

SATE memang lebih dulu dikenal dan digandrungi banyak orang dibandingkan tongseng. Tapi kedua masakan ini ternyata memiliki keterikatan yang kuat. Makanya tak jarang penjual sate juga menyediakan menu tongseng.

Asal muasalnya sate jadi hidangan adalah ketika para pedagang dan saudagar Timur Tengah dan India melintasi Indonesia dalam perjalanan perdagangan. Arie Parikesit, seorang pengamat kuliner menjelaskan bagian utama yang dipakai untuk membuat sate hanyalah daging dan hati sementara masih banyak bagian lain yang tidak dipakai.

Dari sini akhirnya muncul banyak hidangan baru yang diolah masyarakat dari hasil paduan rempah Indonesia. "Banyak sisa bagian kambing karena sate hanya pakai daging dan hati kambing. Lalu bagian lain ini diolah dengan rempah Indonesia sehingga jadilah gulai. Makin kesini gulai ditambah bumbu lagi dan ditambah kecap manis jadilah olahan baru yang dikenal sebagai tongseng," jelas Arie dalam acara Bango Lestarikan Warisan Kuliner Nusantara dengan Sajian Tongseng, di Jakarta.

Dalam seporsi suguhan tongseng, ada banyak bagian kambing mulai dari daging, jeroan, buntut, usus dan lain sebagainya.

Pria ramah yang menjelajah Nusantara untuk menemukan dan melestarikan kuliner tradisional ini juga mengatakan karena banyak penggemarnya, tongseng sekarang sudah menyebar ke berbagai daerah.

Yang membedakan tongseng dengan gulai adalah tambahan sayuran berupa irisan kol dan tomat tapi di beberapa daerah kadang berbeda. "Bahan kadang beda, tapi yang pasti jodohnya tongseng adalah kecap," tandas Arie.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini