nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kini, Traveller Perempuan Tak Boleh Gunakan Rok saat ke India

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 31 Agustus 2016 20:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 08 31 406 1478040 kini-traveller-perempuan-tak-boleh-gunakan-rok-saat-ke-india-jFrVcdyVHz.jpg India (Foto: Johan Sompotan)

TINGKAT perkosaan pada wisatawan di India kian mengkhawatirkan. Pemerintah India  mengeluarkan aturan agar perempuan tak gunakan rok.

Aturan ini dikeluarkan oleh Menteri Pariwisata India, Mahesh Sharma untuk travellers wanita yang merencanakan liburan baik di kota-kota kecil maupun besar di India. Mahesh juga membahas keamanan di wilayah Agra, di mana Taj Mahal berada.

Mahesh mengatakan aturan ini dikeluarkan demi keselamatan perempuan sendiri. Ia juga menyarankan perempuan untuk tidak keluar sendiri pada malam hari.

“Ada beberapa hal yang sangat kecil seperti mereka tidak keluar malam sendirian di tempat sepi, atau memakai rok, dan mereka harus mengambil foto nomor plat kendaraan setiap kali mereka bepergian dan kirimkan ke teman-teman,” tutur Mahesh dikutip Dailymail, Rabu (31/8/2016).

Mahesh juga menambahkan demi keselamatan diri, perempuan asing disarankan untuk tidak memakai gaun pendek atau rok. Terlebih budaya di India tidak sama dengan budaya Barat.

Aturan ini dikeluarkan setelah maraknya kasus pemerkosaan yang dilakukan kepada wisatawan asing.

Seorang wisatawan dari Italia, Eleonora mengatakan, dirinya tidak pernah memakai gaun pendek ketika bepergian ke India.

“Aku tidak suka memakai gaun pendek ketika bepergian ke India. Orang-orang melihat kami berbeda jika kita memakai pakaian pendek. Ini benar-benar sangat mengganggu,” ujar Eleonora.

Hal senada juga diungkapkan seorang wisatawan dari Malaysia, Jean. Meski ia mengaku pemilihan busana adalah urusan yang sangat pribadi, namun ia melakukan hal berbeda jika bepergian ke India.

“Saya sangat nyaman menggunakan pakaian pendek. Tapi ketika di India, saya tidak bisa memakainya dengan nyaman, terutama jika bepergian sendirian,” tutup Jean.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini