Share

Bingung dengan Varian Tom Yum, Lihat Nama Belakanganya

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 02 September 2016 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 01 298 1478848 bingung-dengan-varian-tom-yum-lihat-nama-belakanganya-a8JnCf9n5p.jpg Varian tom yum bisa dilihat nama belakangnya (Foto: Seasaltfood)

SALAH satu hidangan asal Thailand yang cukup mendunia adalah Tom Yum. Sajian ini biasa tersaji dengan berbagai varian dan isi.

Jika Anda bingung membedakan banyaknya varian tom yum. Coba lihat nama belakangnya, sebab nama belakang tom yum itu mencirikan isian tom yum.

"Tom yum itu artinya sup asam pedas. Variannya banyak dan biasanya, nama belakang tom yum itu isi dari sup asam pedas," ungkap Abubakar Sujana, Executive Chef Ibis Jakarta Slipi, kepada Okezone di Jakarta.

Misalnya saja tom yum goong. Dalam bahasa Thailand goong berarti udang. Jadi sajian tom yum ini berisi sup asam pedas dengan isian udang. Begitu juga dengan tom yum jenis lain yang biasanya nama belakang tersebut mencirikan isi dari sup asam pedas alias tom yum.

"Misalnya tom yum kagai berarti tom yum ayam. Tom yum talay berarti tom yum seafood dan berbagai jenis tom yum lainnya," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini