Image

Tips Aman Bepergian ke Arab Saudi saat Musim Haji

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 02 September 2016, 07:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 01 406 1479136 tips-aman-bepergian-ke-arab-saudi-saat-musim-haji-o5AGlHEEu1.jpg Berwisata aman ke Arab Saudi saat musim haji (Foto: CNN)

SEBAGIAN besar wisatawan ke Arab Saudi pergi dengan alasan berhaji. Bagaimana jika bepergian saat musim haji?

Keselamatan adalah faktor penting yang wajib diperhatikan saat Anda pergi ke Arab Saudi. Terutama pada musim haji, di mana jutaan wisatawan Muslim memenuhi negara ini.

Simak tips menjaga keselamatan dari Worldnomads berikut ini:

Lebih fokus pada penanda jalan

Pada musim haji akan ditemukan banyak sekali orang beribadah. Banyak pula tempat yang hanya bisa dikunjungi orang Muslim selama rangkaian haji.

Oleh karenanya, harus lebih berhati-hati pada penanda jalan yang ada. Karena di jalan utama ada tanda bertuliskan “Muslims Only” dan “Non-Muslims”.

Jadi jika adalah non-Muslim dan berencana berlibur ke Arab Saudi, jangan sampai salah memilih jalan.

Karena jika masuk ke area khusus Muslim, akan dianggap penistaan dan Anda bisa dipenjara karena masalah ini.

Vaksin sebelum pergi

Ada persyaratan vaksinasi yang harus dilakukan untuk memasuki Arab Saudi selama ibadah haji. Termasuk vaksin meningitis.

Anda juga harus melakukan vaksinasi Yellow Fever jika datang dari negara yang telah diketahui jenis infeksinya, kemudian vaksin volio untuk anak-anak sampai usia 15 tahun.

Musim haji menarik jutaan wisatawan Muslim dari berbagai dunia, jadi Anda disarankan untuk berkonsultasi pada dokter tentang vaksin yang dianjurkan.

Tetap aman di tempat ramai

Pada tahun 2015 lalu, lebih dari 700 jamaah meninggal akibat berdesak-desakan di Terowongan Mina.

Jika tergabung dalam rombongan haji tahun ini, maka harus tetap waspada dan sebisa mungkin menjaga tubuh tetap kuat. Oleh karenanya, jangan lupa mengkonsumsi makanan bernutrisi selama mengikuti rangkaian haji.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini