Bangganya Anthony Sutanto Mewakili Indonesia di Olimpiade Rio 2016

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Jum'at 02 September 2016 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 02 196 1479915 bangganya-anthony-sutanto-mewakili-indonesia-di-olimpiade-rio-2016-x7EeayXl7S.jpg Anthony dan Aretha (Foto: Afiza/Okezone)

KARENA Olimpiade Rio 2016, sekarang mempunyai tekat untuk menjadi atlit renang.” Itulah sepenggal ungkapan dari anak laki-laki yang lolos menjadi perwakilan anak Indonesia untuk mendampingi kontingen atlit dalam upacara Olimpiade Rio 2016.

Memang ajang kompetisi olahraga tingkat dunia tersebut telah berakhir, namun bagi Anthony Sutanto (10 tahun, asal Sentul, Bogor) pengalaman menjadi bagian dari upacara pembukaan tersebut tak akan pernah dilupakannya.

“Perasaan saya bangga dan senang karena ini adalah pengalaman sekali seumur hidup, dan olimpiade kemarin itu cuma sekali di Brazil, enggak nyangka,” ungkap Anthony kepada Okezone, di Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Anthony adalah anak laki-laki yang berhasil mengalahkan ribuan kompetitornya menjadi perwakilan Indonesia untuk Olimpiade Rio 2016. Dirinya berhasil menjadi peserta tercepat dengan waktu 1.37 menit dalam menghadapi halang rintang dan lolos dalam interview berbahasa Inggris.

Tak kalah mendebarkan dengan kompetisi tersebut, Anthony mengaku mendampingi kontingen atlit dari beberapa negara juga membuat hati deg-degan.

“Aku deg-degan banget, waktu itu aku mendampingi kontingen dari Indonesia, Barbados dan Tonga. Tapi aku berpikir enggak perlu deg-degan, semua menonton aku. Keluarga, teman-teman di Indonesia dan penonton yang ada di stadion. Semuanya akhirnya berubah jadi rasa bangga.”

Anak lelaki yang bercita-cita ingin menjadi atlit berenang ini mengaku selain bangga, dia sangat senang karena bisa menambah jaringan pertemanan antar negara. “Sampai sekarang aku masih jaga kontak dengan teman-teman dari Australia, Brazil dan Amerika. Meski hanya lima hari mereka sangat ramah dan menyenangkan,” ungkapnya.

Tak lupa pula ia mengenalkan Indonesia kepada kenalan barunya tersebut dengan memperkenalkan angklung pada mereka, “Saat sesi foto-foto aku kasih angklung ke mereka, kata mereka angklung alat musik yang unik dan indah suaranya. Aku juga mengenalkan Indonesia itu enggak hanya Bali dan Jakarta saja, ada banyak daerah yang bisa dikunjungi.”

Anthony yang sering mendapatkan kejuaraan olahraga berenang ini juga mengaku, dengan menjadi perwakilan Indonesia untuk Olimpiade Rio 2016 ini semakin menambah kecintaannya dengan Indonesia.

“Aku bangga banget, dengan menjadi perwakilan untuk Indonesia juga membuktikan kalau Indonesia juga keren dan hebat. Ditambah kemarin kita best costume. Dari olimpiade kemarin aku jadi semakin bangga menjadi Indonesia. Indonesia itu lebih beragam budaya, dan dunia harus tahu akan itu,” tutupnya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini