nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mikrosefali Akibat Zika Bisa Berkembang Sejak Trimester Pertama Kehamilan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 03 September 2016 09:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 03 481 1480300 mikrosefali-akibat-zika-bisa-berkembang-sejak-trimester-pertama-kehamilan-hntGsyU4lf.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

WANITA hamil yang terinfeksi virus zika berisiko tinggi menyebabkan cacat lahir mikrosefali. Bahkan, infeksi virus zika dapat menyebabkan kelainan otak parah lainnya pada bayi.

Hubungan kasual telah ditetapkan. Namun, beberapa pertanyaan penting masih harus dijawab dengan penelitian yang bisa memakan waktu tahunan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada konsensus ilmiah yang kuat bahwa virus zika dapat menyebabkan cacat lahir mikrosefali pada bayi. Kondisi ini didefinisikan kepala bayi yang lebih kecil dari biasanya dan dapat mengakibatkan masalah perkembangan.

Brasil sendiri, yang ditenggarai sebagai tempat kasus pertama virus zika, telah mengonfirmasi kasus mikrosefali akibat virus ini mencapai 1.835. Sementara, petugas kesehatan Brasil menemukan beberapa kasus yang diduga mikrosefali akibat virus zika mencapai 3.257.

Penelitian saat ini di Brasil menunjukkan risiko mikrosefali terbesar dikaitkan dengan infeksi selama trimester pertama kehamilan. Studi tersebut menunjukkan bukti virus zika berkembang dalam cairan ketuban, plasenta dan jaringan otak janin.

Sementara itu, untuk diketahui, di Brasil, dilaporkan kasus kemungkinan virus zika mencapai 91.387 dari Februari sampai 2 April. Demikian dikutip dari Astroawani.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini